Risiko Makan Kedelai Secara Berlebihan
Ilustrasi/nanoporotech
Food

Risiko Makan Kedelai Secara Berlebihan

Ananda Fakhreza Lubis
Rabu, 06 November 2019 13:51 WIB 06 November 2019, 13:51 WIB

INDOZONE.ID - Sejumlah hasil studi menyebutkan bahwa kedelai memiliki beragam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kedelai pun kemudian diolah menjadi berbagai produk bahan makanan seperti tahu, tempe, kecap, susu kedelai, hingga miso.

Untuk kandungan nutrisinya, misalnya pada semangkuk tahu yang mengandung 253 miligram kalsium, 152 miligram fosfor, dan 46 miligram magnesium.

Selain itu, ada juga hasil studi yang menyebutkan bahwa kedelai dapat menurunkan produksi hormon tiroid.

Dalam sebuah penelitian yang digelar oleh Universitas Loma Linda yang menganalisis 14 percobaan, dan salah satunya pada kedelai, mengungkapkan bahwa kedelai aman dikonsumsi oleh orang dengan tiroid, namun dalam jumlah kedelai yang wajar.

Sementara itu, bagi orang dengan kekurangan yodium, mengkonsumsi kedelai secara berlebihan justru dapat mendatangkan risiko negatif.

Seperti kandungan isoflavon yang ada pada kedelai yang memiliki fungsi sama persis dengan hormon estrogen, yang bisa menakut orang yang berusaha mencegah kanker payudara dan ovarium.

Lalu, fitoestrogen pada pria juga dikhawatirkan akan adanya gangguan hormon yang bisa menyebabkan kanker prostat.

Oleh karena itu, untuk mengkonsumsi kedelai, maka pilihlah kedelai dari varietas yang terbaik serta belum direkayasa secara genetika.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU