5 Negara dengan Konsumsi Alkohol Tertinggi di Dunia
Ilustrasi minuman beralkohol. (Pexels/Elevate)
Food

5 Negara dengan Konsumsi Alkohol Tertinggi di Dunia

48 botol vodka per orang.

Rabu, 08 April 2020 07:52 WIB 08 April 2020, 07:52 WIB

INDOZONE.ID - Mengonsumsi minuman beralkohol bukanlah hal yang baik, apalagi jika minum dengan intensitas sering dan menjadi semacam kebiasaan.

Kebiasaan meminum alkohol tentu hasilkan pengaruh kepada tubuh yang menimbulkan bahaya, misalnya saja pada konsumsi jangka panjang dapat timbulkan kerusakan ginjal maupun hati, kerusakan pankreas, hingga masalah kesehatan mental.

Namun, sepertinya masalah-masalah tersebut tidak diindahkan oleh beberapa orang di negara berikut. Pasalnya beberapa negara ini tercatat sebagai negara dengan konsumsi alkohol tertinggi di dunia.

1. Prancis (11,8 Liter)

5 Negara dengan Konsumsi Alkohol Tertinggi di Dunia
Ilustrasi kota di Prancis. (Pexels/Agustin Pinero)

Prancis, negara yang dikenal dengan kota-kotanya yang bernuansa artistik ini menjadi salah satu negara dengan konsumsi alkohol tertinggi di dunia. Pasalnya tercatat rata-rata setiap kapita mengonsumsi sekitar 11,8 liter pertahunnya.

Di Prancis minum minuman beralkohol seolah seperti hal lumrah dan bagian dari kebiasaan. Tak heran banyak jenis minuman beralkohol seperti Champagne, Burgundy, Bordeaux, hingga Rhone. Prancis juga dikenal seolah sebagai rumah bagi pencinta wine.

2. Republik Ceko (11,8 Liter)

5 Negara dengan Konsumsi Alkohol Tertinggi di Dunia
Ilustrasi kota di Republik Ceko. (Pexels/JESHOOTS.com)

Negara  Republik Ceko menjadi negara berikutnya yang tercatat sebagai pengonsumsi alkohol tertinggi di dunia. Diperkirakan konsumsi per-kapita tiap tahunnya rata-rata sekitar 11,8 liter alkohol, angka yang sama untuk negara Prancis. 

Tidak mengherankan, terlebih Praha yang menjadi Ibukota Republik Ceko merupakan surga untuk minuman beralkohol karena menurut salah satu situs, kota ini termasuk destinasi termurah untuk mendapatkan minuman beralkohol. 

3. Grenada (11,9 liter)

5 Negara dengan Konsumsi Alkohol Tertinggi di Dunia
Ilustrasi kota di Grenada. (Pixabay/Richard Todd)

Menyusul dari negara sebelumnya ada Grenada dengan jumlah konsumsi alkohol yang sedikit lebih tinggi yakni sekitar 11,9 liter per-orang tiap tahunnya. Bahkan World Health Organization atau WHO telah menyatakan kalau Grenada menjadi negara dengan konsumsi alkohol tertinggi per-kapita di Karibia.

Menurut sebuah laporan di tahun 2018 beberapa jenis minuman beralkohol yang banyak dikonsumsi orang-orang Grenada antara lain adalah 48% Spirits, 41% Beer, 7%Wine dan 4% mengonsumsi minuman beralkohol jenis lainnya. 

4. Lithuania (12,9 liter)

5 Negara dengan Konsumsi Alkohol Tertinggi di Dunia
Ilustrasi kota di Lithuania. (Pixabay/jacqueline macou)

Selanjutnya ada negara Lithuania yang mengonsumsi lebih banyak alkohol dari pada negara-negara sebelumnya. Tercatat rata-rata sekitar 12,9 liter alkohol dikonsumsi per-kapita setiap tahunnya.

Namun kini negara tersebut tengah membatasi penjualan minuman beralkohol, yang mana hanya dijual pada toko-toko tertentu dan hari-hari tertentu.

5. Belarus (14,4 liter)

5 Negara dengan Konsumsi Alkohol Tertinggi di Dunia
Ilustrasi kota di Belarus. (Pixabay/Zdenek Fekar)

Belarus menjadi negara paling banyak mengonsumsi minuman beralkohol, tercatat konsumsi alkohol tiap orang pertahunnya rata-rata 14,4 liter atau sekitar 48 botol vodka per orang tiap tahunnya.

Meski demikian Kementrian Kesehatan setempat tidak setuju dengan perhitungan yang ada, karena pemerintah dirasa sudah menerapkan pembatasan produksi hingga penjualan minuman beralkohol, ditambah meningkatkan standar usia minimum untuk bisa minum minuman beralkohol.


Itulah 5 negara dengan konsumsi alkohol tertinggi di dunia. Bagaimana pendapat kamu?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US