Jelang Iduladha, Begini Cara Aman Mengolah Daging Kurban
Pexels
Food

Jelang Iduladha, Begini Cara Aman Mengolah Daging Kurban

Kamis, 08 Agustus 2019 17:11 WIB 08 Agustus 2019, 17:11 WIB

INDOZONE.ID - Momen Iduladha memang sangat identik dengan daging sapi atau pun kambing. Daging dari kedua hewan tersebut kemudian diolah ke berbagai menu olahan lezat khas Lebaran untuk disantap bersama keluarga.

Mengonsumsi daging memang tidak membahayakan jika dimakan dalam jumlah yang wajar, malah daging justru disebut sebagai bahan makanan yang menyehatkan. Tapi, alih-alih menyehatkan, proses mengolah daging yang salah justru malah menimbulkan penyakit.

Agar momen Lebaran Kurban kamu tidak mendatangkan penyakit, berikut adalah bagaimana cara mengolah daging kurban yang benar agar tetap aman dikonsumsi.

1. Jangan biarkan daging hangus

Sebaiknya kamu harus menghindari daging yang hangus, sebab jika tetap mengonsumsi bagian daging yang hangus, maka risiko penyakit kanker pun semakin besar.

2. Perhatikan metode memasak

Kamu harus bisa mengolah daging dengan cara memasak yang lebih sehat, seperti merebus daging dalam waktu yang lama dengan api kecil, merebus biasa dengan waktu yang cepat, atau memanggangnya di oven. Silakan dicoba sesuai selera ya!

3. Sering membalik daging

Hal ini harus diperhatikan jika kamu memasak daging dengan api kompor yang tinggi. Seringlah untuk membolak-balik kedua sisi daging agar terhindar dari munculnya senyawa berbahaya.

4. Hindari memasak daging dengan api langsung

Jangan pernah memasak daging dengan menghadapnya api secara langsung. Hal itu dapat memicu munculnya senyawa yang dapat membahayakan kesehatan.

5. Bumbu tambahan

Olahan daging bisa menjadi lebih sehat jika kamu menambahkan bumbu tambahan, seperti air perasan lemon, minyak zaitun, jus anggur, dan bawang putih.

TAG
Ananda Fakhreza Lubis
Ananda Fakhreza Lubis
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU