Hindari Virus Corona, Begini Cara Mencuci Sayur dan Buah yang Benar 
Ilustrasi mencuci sayur dan buah (FDA Gov)
Food

Hindari Virus Corona, Begini Cara Mencuci Sayur dan Buah yang Benar 

Coba di rumah

Sabtu, 21 Maret 2020 07:17 WIB 21 Maret 2020, 07:17 WIB

INDOZONE.ID - Virus corona (Covid-19) menyebar di seluruh dunia dan membuat banyak orang jadi lebih peduli dengan higienitas, termasuk sumber pangan seperti sayur dan buah. 

Mencuci sayur dan buah sebenarnya tidak boleh asal-asalan. Sebab, kuman, virus bahkan serangga kecil kemungkinan masih hinggap di sayur dan buah yang baru saja kita beli. 

Karena itu, cara mencuci sayur dan buah sebelum dikonsumsi menjadi hal utama. Bagaimana caranya? 

Sebagaimana dilansir Huffington Post, langkah pertama dalam mencuci sayur dan buah adalah dengan mencuci tangan terlebih dahulu. 

Tips mencuci sayur dan buah
Mencuci sayur dan buah (Healthy Voyager)

"Mulailah dengan mencuci tangan dengan sabun untuk memastikan tidak ada perpindahan mikroba dari tangan ke makanan yang hendak disantap," ujar Marc Sanchez,  perwakilan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat. 

Kemudian cuci dengan air mengalir yang bersih. Gosok permukaan sayur atau buah untuk menghilangkan kotoran dan mikroorganisme. Khusus untuk sayuran seperti kol yang punya kulit tebal di bagian luar, buang daun terluarnya. 

Jika khawatir dengan residu pestisida, kamu bisa gunakan larutan soda kue dan garam, kemudian rendam selama lima menit di larutan tersebut dengan air dingin, setelah itu bilas dan keringkan. 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Dinno Baskoro

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US