The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tak Kalah Lezat, Inilah 5 Kuliner Dunia yang Sangat Mirip dengan Bakso
Olahan berbagai negara yang mirip bakso (Instagram/nam_nguyen/madame.cuisine)
Food

Tak Kalah Lezat, Inilah 5 Kuliner Dunia yang Sangat Mirip dengan Bakso

Punya nama berbeda.

Jumat, 14 Januari 2022 12:20 WIB 14 Januari 2022, 12:20 WIB

INDOZONE.ID - Tak hanya menjadi favorit  masyarakat Indonesia, bakso ternyata juga digemari oleh warga dunia. Hal itu terbukti dari banyaknya olahan mirip bakso dari berbagai negara.

Bakso di negara-negara berikut, tentu punya nama dan rasanya khasnya. Namun pada umumnya bentuk dan cara mengolahnya sama dengan bakso di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Tiet Canh, Puding Darah Asal Vietnam yang Memicu Kematian

Penasaran seperti apa olahan bakso dari berbagai negara? Yuk simak ulasan di bawah ini yang mungkin bisa jadi menu baru buat kamu berkreasi di dapur!

1. Bo Vien, Vietnam

Bo Vien (Instagram/tw33l33)
Bo Vien (Instagram/tw33l33)

Di negara tetangga Vietnam, bakso biasa disebut Bo Vien. Sajian ini juga menggunakan kuah kaldu yang khas. Namun yang membedakan, bakso di sana lebih sehat karena dicampur dengan berbagai macam sayuran seperti tauge, bawang bombay dan lain sebagainya.

Pencampuran bahan tersebut membuat bakso asal Vietnam ini terasa lezat dan unik. Untuk mencoba rasa aslinya, sebaiknya kamu tidak mencampurnya dengan sambal atau apapun agar rasa khansya bisa membekas di lidah.
 
2. Lion’s head, China

Lion’s head (Instagram/yhedt)
Lion’s head (Instagram/yhedt)

Di China, bakso dikenal dengan nama lion’s head. Olahan ini direbus dengan menggunakan kuah khas China yang dinamakan dengan chestnut.

Kuah tersebut terasa sangat gurih sehingga sangat lezat jika dikonsumsi bersama dengan nasi. Selain itu, sajian bakso asal China ini juga disajikan bersama dengan sayuran seperti sawi atau kubis sehingga sehat.

Nah untuk memperhatikan komposisi dari sebuah makanan yang sehat, biasanya bakso di China hanya disajikan satu saja namun dengan bentuk yang lebih besar. Perpaduan olahan daging sapi dengan kuah kaldunya akan lumer dan pecah di mulut. 
 
3. Albondigas, Spanyol

Albodigas (Instagram/diego_jarote)
Albodigas (Instagram/diego_jarote)

Spanyol punya olahan bakso yang disebut albondigas. Kuliner ini biasanya disajikan dengan kuah saus tomat ataupun saus almond. 

Meskipun berbentuk sedang, namun bakso Spanyol ini memiliki isian berupa telur yang akan meleleh ketika dimakan bersama kuahnya. Bakso ini disajikan bersama pangsit panjang khas Spanyol yang renyah. Yummy!

4. Scharts, Jerman

Konigsberger Klopse (Instagram/madame.cuisine)
Konigsberger Klopse (Instagram/madame.cuisine)

Sajian bakso di Jerman diberi nama konigsberger klopse atau yang biasa disebut dengan scharts. Scharts merupakan sajian olahan daging yang dibentuk bulat dan dibungkus dengan olahan tepung khusus. 

Hidangan ini juga sangat spesial karena tidak disajikan dengan menggunakan kuah, namun disiram dengan menggunakan saus krim jamur. Saus tersebut merupakan olahan khas Jerman.

Perpaduan bola daging dan saus terbut membuat hidangan ini didominasi dengan warna putih. Biasanya bakso Jerman ini juga akan disajikan bersama kentang. 

5. Pulpety, Polandia

Pulpety (Instagram/gosia1000sa)
Pulpety (Instagram/gosia1000sa)

Di Polandia bakso dikenal dengan nama , Pulpety. Hidangan ini biasa diolah dengan campuran sayuran, krim asam dan jamur.

Perpaduan bakso ini mungkin sedikit terlihat aneh karena biasanya bakso cenderung disajikan dengan kuah. Namun inilah yang menjadi ciri khas Polandia.

Rasa pulpety juga cukup unik karena berwarna putih dan terlihat didominasi dengan sayuran. Sajian ini termasuk makanan yang sehat agar tubuh bisa mendapatkan kandungan daging dan sayur secara berimbang. Tertarik mencobanya? 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Anisa Rizwani
JOIN US
JOIN US