The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Teman Ngeteh Khas Turki, Nomor 4 Mirip Lemper Terbuat dari Daun Anggur
Sering jadi makanan untuk perayaan (Elisa Oktaviana/Z Creators)
Food

5 Teman Ngeteh Khas Turki, Nomor 4 Mirip Lemper Terbuat dari Daun Anggur

Selasa, 05 Juli 2022 11:43 WIB 05 Juli 2022, 11:43 WIB

INDOZONE.ID - Di Turki, ada tradisi minum teh yang dikenal dengan istilah Cay saati. Biasanya berlangsung siang, sore atau sesudah makan malam. Cay saati merupakan simbol keramahan dalam budaya Turki. Teh selalu disajikan bersama aneka kudapan, baik manis maupun gurih. Berikut 5 cemilan pendamping minum teh di Turki:

1. Halka Tatlisi

halka tatlisi
Donat tradisional Turki (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Dalam bahasa Turki, Halka Tatlisi berarti cincin pencuci mulut. Churros ala Turki ini terbuat dari adonan tepung terigu, yogurt, telur, susu, air dan baking powder. Halka Tatlisi digoreng sampai kecoklatan. Begitu matang, harus langsung dicelupkan ke dalam campuran air, gula dan jus lemon.

Halka Tatlisi tekstur luarnya renyah, bagian dalamnya lembut dan basah. Kudapan ini nikmat disantap saat masih panas. Harganya sekitar Rp4-5 ribu.

2. Tulumba

tulumba
Tulumba sering disajikan dalam acara spesial (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Adonan Tulumba dan cara membuatnya sama dengan Halka Tatlisi. Hanya saja bentuknya berbeda. Tulumba kerap disajikan dalam acara spesial, seperti pesta perkawinan hingga peringatan kematian. 1 kg Tulumba harganya sekitar Rp44 ribu.

3. Gozleme

gozleme
Gozleme, pancake khas Turki dengan ragam isian (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Buat yang suka kudapan gurih, Gozleme bisa jadi pilihan. Pancake khas Turki ini terbuat dari tepung terigu, yogurt, rempah-rempah dan minyak zaitun. Isiannya bisa berupa aneka jenis keju, kentang rebus yang dihaluskan, daging cincang, bayam rebus, salami dan masih banyak lagi. Gozleme dipanggang di atas tungku khusus, agar menghasilkan aroma khas.

4. Yaprak Sarma

yaprak sarma
Yaprak Sarma, daun anggur dengan isian nasi dan daging (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Dalam bahasa Turki, Yaprak Sarma berarti ‘daun isi’. Kudapan yang sekilas mirip lemper ini, terbuat dari daun anggur sultana, yaitu anggur hijau tanpa biji. Isiannya berupa campuran nasi, pasta tomat, daging sapi giling, garam dan merica. Jenis ini dikonsumsi panas, cocok untuk musim dingin.

Ada juga Yaprak Sarma yang terbuat dari campuran nasi, pasta tomat, minyak zaitun, bawang bombay, daun peterseli dan rempah-rempah. Jenis ini dikonsumsi saat musim panas. Karenanya harus dimasukkan ke dalam kulkas dan dimakan dingin. Dahulu, kuliner berukuran mungil ini hanya dibuat di dapur Istana Topkapi.

5. Cig Boregi

cig boregi
Cig Boregi, gorengan dengan ragam isian (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Gorengan khas provinsi Eskisehir, Turki ini mirip pastel. Kulitnya terbuat dari tepung, cuka, air dan garam. Isiannya berupa parutan bawang bombay, daging sapi giling atau cincang, garam dan merica. Meski digoreng dalam minyak banyak, Cig Boregi engga menyerap minyak, karena ada kandungan cuka dalam adonannya.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana

Elisa Oktaviana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US