Mau Lebih Bahagia? Konsumsi 7 Makanan & Minuman Ini Yuk!
Ilustrasi bahagia. (Pixabay/5688709)
Food

Mau Lebih Bahagia? Konsumsi 7 Makanan & Minuman Ini Yuk!

Kamis, 14 November 2019 15:09 WIB 14 November 2019, 15:09 WIB

INDOZONE.ID - Kamu tau enggak, kalau makanan dan suasana hati saling terkait satu sama lain. Apa yang kamu makan ternyata berpengaruh terhadap tingkat kebahagiaan yang dirasakan.

Beberapa jenis makanan tertentu, mengandung zat yang dapat memicu peningkatan produksi hormon bahagia. Tubuh manusia memiliki empat hormon yang memengaruhi perasaan bahagia, yaitu endorfin, serotonin, dopamin dan oksitiosin.

Nah, produksi hormon tersebut ternyata bisa dipicu oleh jenis makanan tertentu. Apa saja ya? Berikut Indozone rangkum dari berbagai sumber, 7 makanan dan minuman yang bisa bikin hati kamu bahagia:

Apel

Apel mengandung pektin yang dapat menstabilkan suasana hati kamu. Anti-oksidan yang hadir dalam apel juga memainkan peran penting dalam mendorong neurotransmitter yang ada dalam otak.

apel
(Pixabay/Jill Wellington)

Dengan mengonsumsi apel, kamu akan merasa tenang, bahagia dan lebih berenergi. Selain itu, apel juga diketahui dapat mengurangi peradangan.

Cokelat

Kebanyakan orang pasti menyukai makanan yang satu ini. Selain rasanya yang manis dan enak, ternyata cokelat juga bisa membuat kamu menjadi lebih bahagia. Hal ini karena di dalam cokelat terkandung zat tryptophan, yaitu suatu zat yang dapat membantu mengurangi gejala depresi.

cokelat
(Pixabay/Jill Wellington)

Manisnya cokelat dapat meningkatkan hormon endorfin yang dapat membuat bahagia dan mengurangi hormon kortisol yang menjadi penyebab stres. Namun, mengingat jumlah kalori dan gulanya banyak, batasi juga konsumsi cokelat agar tidak berlebihan, ya!

Kopi

Kabar bahagia buat para pecinta kopi. Menyeruput secangkir kopi pada pagi hari dipercaya dapat meningkatkan mood dan lebih berenergi.

kopi
(Pixabay/cocoparisienne)

Sebuah studi yang pernah dipublikasikan di JAMA Internal Medicine mengungkapkan, wanita yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari, 15 persen lebih rendah akan mengalami depresi selama rentang waktu 10 tahun dibanding yang tidak minum kopi.

Es Krim

Es krim terkenal kaya akan kandungan kalori. Semangkuk es krim selalu sukses membuat mood kamu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

eskrim
(Pixabay/Jan Vašek)

Hal itu karena es krim mengandung banyak asam amino tryptophan yang dapat menenangkan otak dan tentunya akan mengurangi stres.

Susu

Susu dikenal sebagai peningkat perasaan karena mengandung komponen triptofan yang akan dikonversi menjadi serotonin, hormon bahagia yang membantu meningkatkan perasaan.

suus
(Pixabay/Couleur)

Protein yang terkandung dalam susu yang diketahui sebagai laktium mampu memberikan efek menenangkan terhadap tubuh.

Kacang Almond

Almond mengandung vitamin E yang sangat baik untuk tubuh. Selain berfungsi menurunkan berat badan almond juga berguna mengurangi tingkat depresi.

almond
(Pixabay/Steve Buissinne)

Sebuah penelitian mengatakan mengonsumsi almond sebanyak 30 gram dalam sehari dapat membuat pikiran lebih tenang.

Alpukat

Buah yang mengandung lemak sehat ini ternyata juga bisa mengurangi stres dan membuat orang yang memakannya menjadi lebih bahagia.

alpukat
(Pixabay/Geraldine Dukes)

Hal ini karena alpukat kaya akan asam folat yang bisa meningkatkan energi dan metabolisme di dalam tubuh kita. Setelah memakan alpukat, pasti mood dan semangat kamu akan meningkat.


Itulah 7 makanan dan minuman yang bisa bikin kamu lebih bahagia. Jadi kalau kamu lagi merasa sedih nih guys, ada baiknya konsumsi ini ya!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Yulia Marianti
Yulia Marianti
Yulia Marianti

Yulia Marianti

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU