The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Benarkah Penyakit Listeriosis Berasal dari Jamur Enoki?
Jamur Enoki. (Cbsnews)
Food

Benarkah Penyakit Listeriosis Berasal dari Jamur Enoki?

Minggu, 05 Juli 2020 20:00 WIB 05 Juli 2020, 20:00 WIB

INDOZONE.ID - Belakangan ini, santer dikabarkan bahwa penyakit Listeriosis berasal dari jamur enoki. 

Hal tersebut berkaitan dengan keputusan Indonesia melakukan penarikan dan pemusnahan produk jamur enoki dari Green Co Ltd, Korea Selatan yang terkontaminasi bakteri listeria.

Dilansir dari situs Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat penyakit tersebut ditandai dengan gejala sakit kepala yang kadang disertai mual, muntah dan diare. Gejala lainnya adalah demam, menggigil, dan nyeri punggung.

Lalu apakah benar jika penyakit listeriosis berasal dari jamur enoki?

Sebenarnya, penyakit listeriosis bukan berasal dari jamur enoki. Namun dari infeksi bakteri listeria yang mengkontaminasi jamur enoki. 

Dilansir dari situs The Pennsylvania State University, sebenarnya juga tidak ada produk jamur atau pertanian yang benar-benar bebas dari bakteri listeria.

Bakteri listeria ditemukan pada hampir semua tempat pada lokasi budidaya jamur dan pertanaman lain. Listeria telah diisolasi dari 37 jenis mamalia yang dibudidayakan maupun hidup liar serta 17 spesies burung.

Oleh sebab itu yang perlu diwaspadai adalah kontaminasi bakteri listeria yang bisa terjadi pada banyak produk pertanian, bukan hanya pada jamur enoki.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
JOIN US
JOIN US