Deretan Kuliner Khas Kalimantan Selatan yang Selalu Diburu Wisatawan
Lamang, makanan khas dari Kalimantan Selatan. (BUTTERKICAP)
Food

Deretan Kuliner Khas Kalimantan Selatan yang Selalu Diburu Wisatawan

Kamu pernah coba yang mana nih?

Jumat, 17 Januari 2020 14:20 WIB 17 Januari 2020, 14:20 WIB

INDOZONE.ID - Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi di Pulau Kalimantan. Memiliki ibukota yang bernama Banjarmasin, dahulunya Kalimantan Selatan merupakan bagian dari tiga kerajaan besar di Indonesia yang yakni Kerajaan Negara Dipa, Kerajaan Negara Daha dan Kesultanan Banjar.

Namun setelah Indonesia merdeka, Kalimantan dijadikan sebuah provinsi tersendiri yang dipimpin oleh gubernur pertama bernama Ir. Pangeran Muhammad Noor hingga dibuatnya Perjanjian Linggarjati.

Dimasa sekarang, orang-orang mengenal Kalimantan Selatan sebagai salah satu provinsi yang memiliki beragam objek wisata berupa danau, pantai hingga pasar terapungnya yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Potensi wisata yang tak pernah sepi pengunjung tersebut juga dikarenakan provinsi ini memiliki ragam kuliner yang menarik. Yuk, kita intip bersama apa saja kuliner khasnya.

1. Lamang

lamang
Salah satu makanan khas Kalimantan Selatan, lamang. (KELURAHANKANDANGANUTARA)

Dimasak dalam seruas bambu, lamang di daerah Kalimantan Selatan sebenarnya hampir sama dengan di daerah lain. Hal yang sedikit membedakannya adalah tekstur ketannya. Jika lamang di daerah lain cenderung memiliki tekstur yang keras, lamang di Kalimantan Selatan ini terkenal lebih lembut dan gurih.

Lamang biasanya dimakan bersama sambal sate yang dibuat dari bahan-bahan seperti kacang tanah, cabai merah, garam, gula, dan kemiri. Setelah lamang dipotong-potong sesuai selera, sambal sate disiramkan ke atasnya lalu ditambahkan lauk berupa bebek asin. 

2. Cacapan Asam

cacapan asam
Cacapan asam dari Kalimantan Selatan. (OOMPH)

Dibuat dari buah asam seperti mangga muda atau belimbing wuluh yang dicacah, cacapan asam bisa dimakan sebagai pelengkap dalam menu makanmu. Arti nama cacapan asam sendiri adalah buah asam yang dicacap atau diresapkan dengan bahan-bahan lainnya. 

Makanan khas dari Kalimantan Selatan ini sering dianggap sebagai sambal atau ‘cocolan’ dengan wujud yang cair dikarenakan menggunakan lebih banyak air dan berwarna bening. Memiliki rasa asam dan pedas, makanan ini cocok untuk dimakan bersama nasi putih dan juga ikan yang digoreng.

3. Soto Banjar

soto banjar
Soto banjar yang terkenal di Kalimantan Selatan. (Instagram/@kulinermodaltipisbpn)

Kuliner yang paling terkenal di Kalimantan Selatan adalah soto banjar. Ayam yang dipakai pada sajian ini ayam kampung yang telah digoreng terlebih dahulu lalu disuwir-suwir sesuai keinginan. Isian pada soto banjar terbilang lengkap, mulai dari suwiran ayam, bihun, telur rebus, wortel, daun bawang, hingga perkedel kentang sebagai tambahannya. 

Bila soto jenis lain biasa dimakan bersama nasi putih lain halnya dengan soto banjar ini yang disantap dengan ketupat ataupun lontong. Sambal, bawang goreng dan jeruk nipis pun biasa tersaji di meja sebagai penambah cita rasa soto ini.

Nah, itu tadi hanya sebagian kecil dari banyaknya makanan-makanan khas Provinsi Kalimantan Selatan yang dapat kamu nikmati bila suatu hari nanti berkesempatan berkunjung kesana. Jadi, jangan lupa masukkan ke dalam list kulinermu ya!


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Alwan
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana
Alwan

Alwan

Editor
Dita Rana

Dita Rana

Content Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU