The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berikut 5 Makanan Hari Raya yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Berlebihan
Ilustrasi makanan Hari Raya. (Instagram/moms.learn.to.cook)
Food

Berikut 5 Makanan Hari Raya yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Berlebihan

Selasa, 12 Mei 2020 14:57 WIB 12 Mei 2020, 14:57 WIB

INDOZONE.ID - Di Hari Lebaran, seringkali kita menjadi kalap dan melahap semua makanan yang dihidangkan. Hati-hati, perilaku seperti itu justru dapat mendatangkan masalah pada kesehatan di kemudian hari.

Seperti yang kita tau bersama, hidangan makanan di Hari Raya rata-rata cenderung berlemak yang dapat menyebabkan kolesterol menjadi tinggi. Jika kolesterol meningkat, maka tubuh dengan mudah terserang penyakit seperti serangan jantung ataupun stroke.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengenali makanan apa saja yang harus dibatasi mengonsumsinya saat di Hari Lebaran.

Berikut 5 makanan Hari Raya yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Makanan berlemak

Opor dan rendang merupakan makanan khas Hari Raya yang sangat berlemak. Makanan berlemak merupakan sumber dari kolesterol yang tinggi. Oleh karena itu, makanlah opor atau rendang secukupnya jangan sampai berlebihan.

Seafood

Tak jarang saat di Hari Raya ada rumah saudara yang menghidangkan seafood. Makanan seafood memang mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, sebut saja ikan. Akan tetapi, ada juga beberapa hidangan seafood yang terkenal mengandung kolesterol yang tinggi seperti udang. Oleh karena itu, makanlah hidangan seafood secukupnya, jangan berlebihan yang justru dapat menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh.

Gorengan

Menu goreng-gorengan juga sering ditemui saat di Hari Raya. Misalnya saja aneka kue yang digoreng seperti risol, pastel, dan lain sebagainya. Atau hidangan ayam goreng yang tersedia selalu. Perlu kamu ketahui, menu goreng-gorengan mengandung lemak yang dapat membahayakan tubuh. Sebaiknya kamu mengonsumsi goreng-gorengan sekadarnya saja.

Kuning telur

Hidangan kue kering sudah menjadi tradisi di Hari Lebaran dan tak jarang kue kering yang menggunakan kuning telur sebagai bahan utamanya. Seperti diketahui, kuning telur mengandung kolesterol yang tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka dapat memicu masalah pada kesehatan tubuh.

Makanan asin

Camilan bercita rasa asin selalu tersedia saat di Hari Raya. Makanan asin memang terdengar sepele karena bentuknya hanya berupa makanan ringan. Tapi, jika dikonsumsi secara berlebihan, maka dapat memicu tekanan darah tinggi dan juga kolesterol.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Nanda

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US