The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tiong Bahru Bakery, Toko Roti Prancis di Singapura Rasa Croissantnya Autentik Banget!
Menyajikan croissant yang otentik khas Prancis (Robin/IDZ Creators)
Food

Tiong Bahru Bakery, Toko Roti Prancis di Singapura Rasa Croissantnya Autentik Banget!

Senin, 21 Maret 2022 07:00 WIB 21 Maret 2022, 07:00 WIB

INDOZONE.ID - Traveler, sekarang Singapura sudah mulai membuka perbatasannya buat turis asing dari berbagai negara lho, termasuk Indonesia. Untuk masuk ke Singapura kamu harus melalui jalur khusus vaksinasi atau vaccinated travel lane (VTL) Singapura-Indonesia.

jewel changi
Jewel Changi Airport yang khas dengan air terjun indoornya (Robin/IDZ Creators)

Syarat masuk ke Singapura

FYI, VTL ini sendiri merupakan jalur khusus wisata dari satu negara ke negara lainnya. Nah, khusus VTL Singapura kamu bisa masuk ke Negara Singa ini tanpa karantina, tapi harus sudah divaksinasi penuh dan menunjukkan bukti antigen negatif Covid-19 sebelum tiba dan sesampainya di sana.

helix bridge
Helix Bridge, salah satu spot foto Instagramable (Robin/IDZ Creators)

Menurut laman Safe Travel Singapore, traveler yang pengin berlibur ke Negeri Merlion ini harus mengajukan syarat masuk yang paling utama yaitu 'vaccinated travel pass' (VTP) ke Singapura.

orchard road
Halte bus Orchard Road, Singapura (Robin/IDZ Creators)

Selain itu kamu juga harus punya dan menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang mencakup biaya perawatan dan biaya rumah sakit Covid-19 di Singapura, minimal 30.000 Dollar Singapura (sekitar Rp430 juta).

orchard road
Suasana di Orchard Road, Singapura (Robin/IDZ Creators)

Buat VTL Indonesia ke Singapura melalui jalur udara, tersedia dua layanan maskapai yang berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), Tangerang, Banten. Yaitu Singapore Airlines dengan jadwal rutin penerbangan setiap hari. Serta Garuda Indonesia dengan jadwal penerbangan setiap Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu.

Tiong Bahru Bakery, toko pastry terbaik di Singapura

Buat penyuka pastry, enggak usah jauh-jauh ke Prancis. Kamu bisa mencoba pastry yang rasanya otentik khas Prancis di Tiong Bahru Bakery, Singapura. 

Kedai ini selalu jadi tujuan Tim IDZ Creators, Robin, kalau berkunjung ke Singapura bersama istrinya.

tiong bahru bakery
Kedai Tiong Bahru Bakery yang mungil namun cozy (Robin/IDZ Creators)

Mereka biasa mengunjungi kedainya di Eng Hoon Street, enggak jauh dari kawasan Chinatown. Lokasinya sesuai nama kedainya, di Tiong Bahru. Bisa naik bus atau MRT dan turun di stasiun Tiong Bahru. Tapi Robin biasanya naik bus, karena haltenya tepat di belakang kedai.

Menyajikan aneka pastry khas Prancis

Sampai di Tiong Bahru Bakery, kamu bakal disambut sama pelayannya yang ramah. Dia akan bertanya apakah pengunjung mau makan di tempat alias dine in atau take away.

tiong bahru bakery
Aneka pastry disajikan di etalase toko (Robin/IDZ Creators)

Kalau dine in, mereka akan mencarikan kamu meja. Nah, sambil dicariin meja, kamu bisa pesan menu yang diinginkan langsung dari etalase. Pilihannya ada yang sweet & savory. Tapi kalau mau coba menu andalannya, kamu wajib memesan pastry yang manis yakni almond croissant & kouign amann. 

Jangan bingung dan kalap ya, apalagi wangi pastrynya tuh menggoda banget. Bikin gagal fokus.

tiong bahru bakery
Aneka dessert di Tiong Bahru Bakery (Robin/IDZ Creators)

Selain pastry, Robin dan istri selalu memesan minuman hot choco dan long black. Hot choconya sangat kental, creamy dan wangi. Biar lebih manis kamu bisa tambah satu sachet gula lagi.

Pastry lembut dan buttery

Kulit luar dari almond croissant di Tiong Bahru Bakery memang enggak se-crunchy croissant kebanyakan. Tapi adonan dalamnya super lembut, ditambah krim manis di dalamnya yang bikin cita rasa si croissant ini 'nendang' banget. Taburan gula bubuk dan almond slicenya, sukses melengkapi kelezatan.

tiong bahru bakery
Makanan dan minuman andalan di Tiong Bahru Bakery (Robin/IDZ Creators)

Sementara untuk kouign amann, kulit luarnya memang sedikit keras karena ada gula caramelized yang membalut kulit luar. Tapi begitu gigit dalamnya, buttery banget! Manis tapi enggak terlalu lebay. 

Buat yang suka makanan bercita rasa buttery, pasti langsung jatuh cinta. Makanya banyak yang bilang kedai ini punya pastry dan croissant terenak di Singapura.

Enggak heran, rupanya kedai mungil dan cozy ini memang dikelola sama warga Prancis asli.

tiong bahru bakery
Suasana di dalam kedai (Robin/IDZ Creators)

Selain di Eng Hoon Street, kedai ini juga punya beberapa outlet, yakni di Tangs Orchard dan mal Funan SG. Kalau suka sama suasana mal, kamu bisa mampir ke dua tempat tadi. Tapi kalau senang sama kafe kecil di tengah permukiman, ya datangnya ke Eng Hoon Street, di kawasan Tiong Bahru.

tiong bahru market
Pasar tradisionalnya Tiong Bahru (Robin/IDZ Creators)

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Robin
Robin

Robin

Community Writer
JOIN US
JOIN US