The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Disebut 14 Kali di Al-Qur’an, Buah yang Dihadiahkan untuk Rasulullah Ini Melimpah di Turki
Buah ini disebutkan 14 kali dalam Al-Qur'an (Elisa Oktaviana/Z Creators)
Food

Disebut 14 Kali di Al-Qur’an, Buah yang Dihadiahkan untuk Rasulullah Ini Melimpah di Turki

Selasa, 16 Agustus 2022 19:13 WIB 16 Agustus 2022, 19:13 WIB

INDOZONE.ID - Ada beberapa buah yang tercantum secara spesifik dalam Al-Qur’an. Salah satunya anggur. Saking istimewanya, anggur sampai disebut 14 kali di kitab suci umat Islam ini. Salah satunya dalam surah An-Nahl ayat 11.

"Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.'' (QS: An Nahl: ayat 11)

anggur dalam al quran
Anggur 14 kali disebutkan dalam Al-Qur'an (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Anggur pernah menjadi hadiah dari orang miskin, untuk Rasulullah SAW. Buah yang udah ada sejak ribuan tahun silam ini, punya banyak khasiat bagi kesehatan. Antara lain mengobati batuk, membersihkan usus, pencernaan, mengatasi penyakit lambung, batu ginjal dan gangguan kantong empedu.

buah dalam al quran
Anggur hadiah dari orang miskin untuk Rasulullah SAW (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Salah satu penghasil anggur terbesar di dunia adalah Turki. Budidaya anggur di negara ini udah ada sejak Zaman Perunggu. Kemudian berlanjut ke era Yunani, Romawi Kuno, Bizantium, Seljuk, Ottoman sampai sekarang.

Di era Ottoman, anggur Turki diekspor ke Eropa Timur dan Eropa Tengah.

buah dalam al quran
Turki salah satu penghasil anggur terbesar di dunia (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Ada 800 lebih varietas anggur yang dibudidayakan di Turki. Salah satu pusatnya di Sarkoy, provinsi Tekirdag. Budidaya anggur di wilayah ini berawal ratusan tahun silam. Bahkan, Sarkoy terkenal sebagai tempat lahir para pembuat wine legendaris. Di distrik ini, vineyards atau kebun-kebun anggur jadi destinasi wisata alam.

buah dalam alquran
Provinsi Tekirdag penghasil anggur terbesar di Turki (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Para petani di Sarkoy menanam beragam varietas anggur, antara lain superior, cardinal dan sultana, yaitu anggur tanpa biji berwarna hijau pucat, berbentuk lonjong. Dari ladang petani, anggur didistribusikan ke pabrik-pabrik wine lokal. Sisanya dikirim ke berbagai wilayah di Turki, untuk dikonsumsi langsung atau diproses menjadi beragam produk makanan dan minuman.

cuka anggur turki
Cuka anggur untuk berbagai masakan Turki (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Ada molase atau sejenis sirup anggur, kismis berbagai ukuran dan warna, uzum sucuk atau permen anggur berbentuk sosis, selai, jus, wine, beberapa minuman tradisional dan cuka anggur yang banyak digunakan dalam masakan Turki.

Akhir musim panas sampai awal musim gugur, saatnya panen raya anggur di Turki. Puncaknya, bulan September. Di pasar-pasar tradisional, swalayan sampai di jalan-jalan, anggur melimpah. Serunya lagi, kalian bisa membeli dan memetik langsung dari kebun-kebun petani, dengan harga sangat murah.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana

Elisa Oktaviana

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US