The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pasta Miso, Bumbu Fermentasi Populer di Jepang
Ilustrasi miso, pasta tradisional Jepang. (questionjapan.com)
Food

Pasta Miso, Bumbu Fermentasi Populer di Jepang

Kamis, 26 November 2020 11:03 WIB 26 November 2020, 11:03 WIB

INDOZONE.ID - Pernahkah kalian mendengar atau mencoba miso, bumbu dari negeri sakura yang telah menjadi bahan utama dalam berbagai masakan Jepang seperti hidangan sup miso. 

Miso adalah pasta fermentasi yang menambah rasa umami asin yang kebanyakan dibuat di Jepang, yang bahannya telah digunakan sejak abad kedelapan atau sebelumnya.

Tekstur pasta ini mirip seperti selai kacang. Umumnya merupakan campuran dari kedelai, biji-bijian (seperti beras atau jelai), garam, dan koji (jamur) yang dibudidayakan. 

Beraneka jenis pasta miso.
Beraneka jenis pasta miso. (questionjapan.com)

Tergantung pada varietasnya, miso bisa memiliki tekstur halus atau tebal dan difermentasi selama beberapa minggu sampai beberapa tahun.

Baca Juga: Cobain Resep Pepes Ayam Kemangi Sederhana

Ada lebih dari 1.000 jenis miso, mulai dari tekstur, rasa, dan warna. Faktor-faktor ini dapat dipengaruhi oleh komposisi bahan, lama fermentasi, dan kondisi penyimpanan miso. 

Hidangan sup Miso Jepang.
Hidangan sup Miso Jepang. (Flickr/Marcela Rojas)

Miso biasanya digunakan menjadi campuran saus, sup seperti udon atau ramen, atau hidangan sayur dan tahu. Pasta ini dapat dimakan mentah atau dimasak. 

Pasta miso memiliki warna yang bervariasi dari cokelat pucat hingga kemerahan atau cokelat tua. Begitu juga dengan rasanya yang bervariasi. Umumnya miso memiliki rasa yang asin, tajam, dan gurih. Sementara varietas yang lebih ringan memiliki rasa yang lebih manis. 

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Reka
Reka

Reka

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US