The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dijuluki “Dessert Surgawi”, Kuliner Asal Negeri Syam Ini Melar Saat Ditarik
Kunefe dijuluki hidangan penutup surgawi (Z Creators/Elisa Oktaviana)
Food

Dijuluki “Dessert Surgawi”, Kuliner Asal Negeri Syam Ini Melar Saat Ditarik

Minggu, 27 November 2022 22:12 WIB 27 November 2022, 22:12 WIB

INDOZONE.ID - Berencana liburan akhir tahun di Turki? Jangan lupa mencicipi beberapa “kuliner sultan”, seperti lokum alias Turkish delight, baklava dan kunefe. Berbeda dengan baklava yang super manis, rasa kunefe paduan gurih-manis.

Di Turki, kunefe terbuat dari string pastry, yaitu adonan tipis yang menyerupai bihun. Bagian tengahnya disisipi dil peyniri, keju Turki yang terbuat dari susu domba dan sapi. Rasanya tawar, teksturnya berserabut seperti keju mozzarella. Kunefe dipanggang dan disajikan dengan siraman sherbet panas, yaitu campuran air, gula dan perasan jeruk lemon.

kunefe
Kunefe ditaburi kacang pistachio (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Kunefe makin legit dengan taburan kacang pistachio, es krim atau kaymak, krim keju kocok yang terbuat dari susu sapi. Kunefe selalu disajikan panas, agar keju meleleh dan elastis saat dipotong. Saking enaknya, kunefe dijuluki “hidangan penutup surgawi”.

Asal-Usul Kunefe

Para ahli kuliner meyakini, kunefe tercipta abad ke-7 di kota Damaskus, Suriah. Konon, Muawiyah bin Abi Sufyan, khalifah pertama Dinasti Umayyah, meminta juru masaknya membuat hidangan kaya rasa untuk bulan suci Ramadan.

kunefe
Dari Suriah, kunefe populer di berbagai negara (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Terciptalah kunefe. Kuliner kaya karbohidrat, tinggi kandungan gula dan lemak, yang efektif menghilangkan rasa lapar setelah seharian berpuasa. Kunefe yang semula hanya dikonsumsi keluarga kerajaan, kemudian populer di seluruh Negeri Syam, Suriah.

Kunefe Versi Turki

Di Turki, kunefe merupakan kuliner khas provinsi Hatay, yang dulunya bagian dari negara Suriah. Beberapa resep kunefe ditemukan pada Kitab al-tabikh, abad ke-13. Kitab al-tabikh adalah buku masakan Arab favorit orang Turki,

kunefe
Pakai keju Turki, rahasia kunefe melar saar ditarik (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Di salah satu resep tercantum bahwa kunefe terbuat dari crepes tipis yang diisi keju segar, dipanggang, lalu siram sedikit madu dan sirup air mawar.

Kunefe Populer di Berbagai Negara

Kota Nablus di Palestina juga sering disebut sebagai tempat lahirnya kunefe. Mereka menamakan kudapan legit ini “Kanafeh Nabulsiyeh”. Hidangan ini menjadi simbol niat baik, dalam penyelesaian konflik. Di Palestina, kunefe juga jadi sajian khusus saat seseorang meninggal dunia atau mencapai prestasi tertentu.

Baca Juga: Dear Cheese Lovers, Berani Coba Keju Kulit Domba dan Keju Berjamur?

Selain di Suriah, Turki dan Palestina, kunefe juga populer di berbagai negara, seperti Lebanon, Mesir, Yordania, Aljazair dan Israel. Variasi berbeda ditemukan di Yunani, negara-negara Balkan dan Kaukasus Selatan (Georgia, Armenia dan Azerbaijan).

kunefe
Kunefe instan untuk oleh-oleh (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Ada yang menyebutnya kanafeh, konafa dan kunafa. Akar katanya “kanaf”, yang dalam bahasa Arab artinya berlindung atau melindungi. Konon, ini berhubungan dengan keju yang dimasukkan di tengah lapisan adonan.

Artikel Menarik Lainnya:

Usianya Masih 10 Tahun, Bocah Asal Bali Jadi Pelopor Gerakan Anti Sampah, Kamu Gimana?

Wow! Modal Rp8 Ribu Bisa Makan Sepuasnya, Nuansa Warungnya Serasa Hidup di Desa

Langka! Bukan Kaligrafi, Masjid 200 Tahun Ini Justru Penuh Lukisan Seperti di Galeri Seni

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana
Community Writer
JOIN US
JOIN US