The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pizza ala Indonesia Berbeda dengan Italia! Ternyata Begini Rasanya
Pizza berbahan singkong, pernah coba? (Budiharjo Kusumo/IDZ Creators)
Food

Pizza ala Indonesia Berbeda dengan Italia! Ternyata Begini Rasanya

Sabtu, 05 Februari 2022 13:35 WIB 05 Februari 2022, 13:35 WIB

INDOZONE.ID - Singkong, bahan makanan ini sering diolah menjadi camilan. Di Indonesia biasanya singkong dimasak dengan berbagai cara seperti direbus, goreng, atau dikukus. Harganya yang relatif murah membuat umbi-umbian ini digemari banyak orang.

Bukan cuma bahan dasar makanan tradisional, ternyata singkong juga bisa diolah jadi adonan utama makanan khas Italia, pizza!

pizza singkong
Pizza berbahan singkong jarak towo (Budiharjo Kusumo/IDZ Creators)

Yap, pizza berbahan dasar singkong bisa kamu cicipi di resto Sijarwo. Rumah makan milik Sudradjat ini berada di Jalan Dawung, Matesih, Kabupaten Karangannyar, Jawa Tengah.

Berbeda dengan resto lainnya, pizza ala Indonesia ini 80% berbahan baku singkong lokal yaitu jarak towo khas Karangannyar. Namun tampilan dan cara bikinya enggak berbeda dengan pizza kebanyakan.

singkong jarak towo
Singkong siap dikukus hingga empuk (Budiharjo Kusumo/IDZ Creators)

Singkong yang sudah dikupas bersih kemudian dikukus, saat sudah matang dan empuk singkong kemudian dicampur dengan aneka bahan hingga jadi adonan.

Adonan inilah yang kemudian dicetak dalam loyang pizza, ditaburi topping sesuai selera dan dipanggang dalam oven selama 30 menit.

pizza singkong
Pizza ditaburi aneka topping (Budiharjo Kusumo/IDZ Creators)

Hasilnya, pizza singkong bertekstur lembut dan enggak keras meski sudah dingin. Berada di suhu ruangan kelembutan pizza singkong tetap terjaga bahkan sampai dua hari. 

pizza singkong
Pizza dipanggang di dalam oven selama 30 menit (Budiharjo Kusumo/IDZ Creators)

Ide membuat pizza dari singkong datang dari Sudradjat yang ingin melestarikan makanan tradisional lewat cara berbeda.

"Banyak pelanggan yang memberikan komentar bagus dan inovatif. Karena memang era sekarang, banyak anak milenial yang suka, karena memiliki rasa yang khas." Ungkap Sudradjat kepada Tim IDZ Creators.

Soal harga, olahan singkong ini ramah di kantong hanya Rp35 ribu per loyang dengan topping sesuai pilihan. Kamu bisa request secara langsung ke kokinya mulai dari topping sosis, jagung manis, hingga taburan keju mozarella.

sijarwo karanganyar
Pelanggan menikmati pizza singkong (Budiharjo Kusumo/IDZ Creators)

Karena unik dan berbeda banyak pelanggan yang rela datang dari luar Karanganyar demi mencicip pizza kearifan lokal ini. Dian, warga Sukoharjo ini salah satunya. Ia sengaja datang ke Sijarwo untuk mencoba pizza singkong sekaligus wisata ke area pegunungan.

"Rasanya memang khas mas. Lumer dan lembut banget. Enggak kalah sama pizza umumnya lah. Anak saya juga demen banget ini. Ada juga saos yang ditambah mayonais dan sedikit taburan ayam maupun sapi cincang, tinggal selera kita saja,” kata Dian.

Selain pizza singkong, kamu juga bisa mencicip berbagai produk olahan singkong lain seperti singkong keju, donat singkong dan lainnya.

pizza singkong
Resto Sijarwo di Lereng Gunung Lawu (Budiharjo Kusumo/IDZ Creators)

Karena berada di Lereng Gunung Lawu, enggak heran kalau resto ini sering dikunjungi wisatawan yang tengah liburan dan melipir dari hiruk pikuk perkotaan.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini 

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Budiharjo Kusumo
Budiharjo Kusumo

Budiharjo Kusumo

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US