The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ikon Kuliner Riau Ini Bisa Awet Setahun Lebih, Lho!
Ikan salai atau ikan asap, ikon kulinernya Riau (Khamidi Setyo Budi/IDZ Creators)
Food

Ikon Kuliner Riau Ini Bisa Awet Setahun Lebih, Lho!

Jumat, 07 Januari 2022 13:00 WIB 07 Januari 2022, 13:00 WIB

INDOZONE.ID - Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Indonesia juga terkenal punya banyak kuliner tradisional. Bahkan, beberapa makanan tradisional Indonesia terpilih sebagai makanan terenak di dunia. Rendang, salah satunya.

Nah, kalau Padang, Sumatera Barat, terkenal sama rendangnya, Riau juga punya ikon kuliner yang juga populer, yakni ikan salai atau ikan asap.

ikan salai riau
Proses pengasapan ikan oleh warga Desa Rantau Baru (Khamidi Setyo Budi/IDZ Creators)

Salah satu desa yang banyak memproduksi ikan asap ini adalah Desa Rantau Baru di Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau. Sebab, secara geografis letak desa atau permukiman penduduknya berada di pinggiran Sungai Kampar. Makanya daerah ini punya potensi ikan yang masih banyak.

Hampir semua penduduk desa ini berprofesi sebagai nelayan. Karena hasil tangkapan yang banyak, enggak semua ikan segar dijual ke pasar, sebagian lainnya diolah menjadi ikan salai atau ikan asap.

ikan salai riau
Mayoritas warga Desa Rantau berprofesi sebagai nelayan (Khamidi Setyo Budi/IDZ Creators)

Biasanya, para ibu yang bertugas mengolah ikan sampai jadi salai atau ikan asap, setiap harinya. Enggak main-main, proses pengasapan ini memakan waktu 6-7 jam, tergantung ukuran dan ketebalan daging ikan.

Sementara ikan yang diolah jadi salai, biasanya tergantung dari hasil tangkapan nelayan. Seperti ikan patin, juaro, salais dan ikan air tawar lainnya.

ikan salai riau
Proses pengasapan ikan salai (Khamidi Setyo Budi/IDZ Creators)

Proses pengasapan merupakan budaya turun temurun warga Riau untuk mengawetkan ikan. Selain memunculkan aroma asap yang khas, proses ini bikin ikan salai bisa awet sampai setahun lebih, lho!

Harga ikan salai berbeda-beda, tergantung dari jenis ikannya. Untuk ikan salai juaro, harganya Rp80 ribu-Rp100 ribu. Ikan salai patin Rp110 ribu-Rp130 ribu, sementara ikan salai baung lebih mahal lagi, harganya Rp150 ribu-Rp180 ribu per ekor.

ikan salai riau
Ikan salai dijual mulai Rp80 ribu per ekor (Khamidi Setyo Budi/IDZ Creators)

Menurut salah satu pembuat ikan salai, Misra, harga ikan salai enggak selalu sama. “Bisa lebih murah, atau lebih mahal, tergantung dengan musim ikan di sini,” kata Misra kepada Tim IDZ Creators.

Penyuka pedas pasti jatuh cinta sama ikan salai atau asap, karena umumnya, ikan ini disajikan berteman sambal merah pedas, mantap!

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini

IDZ Creators
IDZ Creators
TAG
Rini Puspita
Khamidi Setyo Budi
Khamidi Setyo Budi

Khamidi Setyo Budi

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US