The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sedapnya Nasi Balap Puyung Dibungkus Daun Pisang, Cocok buat Bekal Nonton MotoGP Mandalika
Farida Nurhan makan nasi balap puyung. (YouTube Farida Nurhan)
Food

Sedapnya Nasi Balap Puyung Dibungkus Daun Pisang, Cocok buat Bekal Nonton MotoGP Mandalika

Minggu, 20 Februari 2022 15:12 WIB 20 Februari 2022, 15:12 WIB

INDOZONE.ID - Tiap-tiap daerah di dunia memiliki makanan khasnya masing-masing. Sebagian di antaranya dikenal di berbagai belahan dunia lain karena kelezatan ataupun keunikannya.

Di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, salah satu makanan khas yang dikenal luas adalah nasi balap puyung. Kuliner dengan rasa gurih pedas ini terdiri dari nasi putih, ayam suwir sambal cabai rawit caplak, keripik kentang, kacang kedele goreng, dan kelapa parut goreng.

Di beberapa tempat, ada pula nasi balap puyung yang dilengkapi dengan telur bulat yang dimasak sampai menghitam, serupa telur yang biasa disajikan pada nasi gudeg, serta ditambah irisan kacang pancang sambal mentah atau irisan buncis.

ist
Tampilan nasi balap puyung yang dijual di Jogja. (Gudeg.net)

Nikmatnya kuliner khas Suku Sasak ini pun pernah diulas oleh food-vlogger Farida Nurhan dalam tayangan di kanal YouTube-nya pada Juni 2019 lalu.

Saat itu, Farida langsung datang ke warung nasi balap puyung 'Inaq Esun' yang berada di Lapangan Bakti Puyung, Jalan Raya Puyung, Kabupaten Lombok Tengah.

Di warung Inaq Esun, diketahui sekilas sejarah nasi balap puyung. Disebutkan bahwa pada tahun 1970-an, ada seorang wanita yang bernama Inaq Esun yang menjual makanan ini di Pasar Kebon Roek (Mataram) dengan sistem barter. Pembeli nasi Inaq Esun membayar dengan barang kebutuhan lain.

Inaq (ibu) Esun adalah penjual pertama nasi balap puyung ini. Sedangkan nama nasi balap puyung sendiri merujuk pada nama Desa Puyung, yang berada di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, sekitar 20 menit hingga setengah jam dari Kota Mataram.

Menurut Farida Nurhan, rasa nasi balap puyung di warung Inaq Esun pedas dan gurih meskipun bumbunya sederhana, yakni hanya berupa bawang putih, cabai, dan terasi.

"Tapi karena sederhananya ini jadi mantep poll," kata Farida.

Karena berada di Lombok Tengah, nasi balap puyung ini pun cocok jadi santapan kamu di kala lapar saat menonton MotoGP Mandalika.

Tidak perlu makan di tempat, kamu bisa membeli nasi balap puyung yang dibungkus dengan pisang berlapis-lapis, sehingga rasanya akan semakin nikmat. Aroma sedapnya akan terasa nikmat di hidung begitu bungkusannya dibuka.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
JOIN US
JOIN US