The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sate Ini Enak untuk Lauk dan Camilan, Rasanya Mirip Ayam?
Proses pembakaran sate (Galuh Elga/IDZ Creators)
Food

Sate Ini Enak untuk Lauk dan Camilan, Rasanya Mirip Ayam?

Kamis, 27 Januari 2022 10:40 WIB 27 Januari 2022, 10:40 WIB

INDOZONE.ID - Jalan Sultan Agung (GOR Untung Suropati), Kota Pasuruan, Jawa Timur, selalu ramai setiap hari. Banyak warga lalu lalang untuk berolahraga atau hanya sekedar berjalan-jalan cari camilan. Sebab, pilihan makanan di kawasan ini berlimpah dan banyak jenisnya. Mau makanan berat hingga camilan, tersedia.

Tapi, ada satu lapak pedagang yang mencuri perhatian. Asap mengepul dari lapaknya, aroma bakarannya menggugah selera. Bukan menjual sate ayam atau sapi, rupanya lapak ini menjual sate tahu.

sate tahu
Penjual sedang menyiapkan sate tahu (Galuh Elga/IDZ Creators)

Cukup membayar Rp7 ribu, kamu akan disuguhkan 10 tusuk sate tahu yang dibakar langsung oleh sang penjual. Warna dan bentuknya, sekilas mirip sate ayam karena sate tahu juga menggunakan bumbu rempah serta kecap sebelum dibakar.

sate tahu
Sate tahu sedang dibakar (Galuh Elga/IDZ Creators)

Ditemui Tim IDZ Creators, pedagang sate tahu yang enggan disebutkan namanya ini berkisah kalau ia berjualan sate ini sejak 2020, setelah dirinya terkena efek pandemi Covid-19.

Kala itu, sang pedagang dipecat dari pekerjaannya sebagai sopir truk. Memutar otak, pria ini lalu menjual makanan yang jarang ditemui di Pasuruan.

sate tahu
Lapak sate tahu di pinggir jalan raya (Galuh Elga/IDZ Creators)

Pedagang sate tahu bahkan enggak segan membocorkan trik supaya sate tahunya padat, enggak mudah hancur. Rupanya, sang pedagang menambahkan tepung kanji pada olahan tahunya, baru setelahnya adonan ditusukkan ke tusuk sate. Proses berikutnya sama seperti membuat sate ayam.

Sate dibakar beberapa menit, lalu dilumuri bumbu kecap dan dibakar kembali selama lima menit.

Setelah matang, sate tahu diguyur dengan bumbu kacang khas sate pada umumnya. Sate tahu ini biasanya dikonsumsi warga Pasuruan sebagai camilan atau lauk pendamping nasi.

sate tahu
Seporsi sate tahu seharga Rp7 ribu (Galuh Elga/IDZ Creators)

Tekstur sate tahu lembut cenderung kenyal, sepintas teksturnya mirip cilok. Bumbu kacangnya manis gurih, makin mantap kalau ditambah sambal pedas. Sate ini bisa jadi alternatif hidangan buat kamu yang enggak makan olahan daging. Enggak kalah sama olahan ayam, sate tahu juga tinggi protein. 

Untuk menikmati olahan tahu ini, kamu bisa temui lapaknya di depan kantor Samsat Pasuruan. Penasaran mencoba?

sate tahu
Sate tahu, manis, gurih dan kenyal (Galuh Elga/IDZ Creators)

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini 

IDZ Creators
IDZ Creators


TAG
Rini Puspita
Galuh Elga
Galuh Elga

Galuh Elga

Community Writer
JOIN US
JOIN US