Anti Gagal, Ini Cara Memasak Beras Merah agar Bisa Dinikmati
Ilustrasi semangkuk nasi merah. (Bonappetit/Danny Kim)
Food

Anti Gagal, Ini Cara Memasak Beras Merah agar Bisa Dinikmati

Perhatikan caranya!

Selasa, 14 Januari 2020 14:00 WIB 14 Januari 2020, 14:00 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai terbiasa memakan nasi merah untuk diet dan juga menu sehatnya. Beras merah dianggap mempunyai banyak sekali khasiat untuk kesehatan bila dikonsumsi dengan tepat bersama lauk pauk sehat lainnya sebagai pelengkap. 

Dinilai memiliki tekstur yang cenderung lebih keras dan kering tak seperti pada beras putih, beras merah harus dimasak dengan benar agar dapat dinikmati dengan baik.

Nah berikut ini cara memasak beras merah agar kamu dapat menikmati cita rasanya dengan benar.

  1. Pertama-tama, cuci beras merah sampai bersih kemudian rendam dengan air memakai perbandingan 4:1, lalu diamkan selama kurang lebih 45 menit. Jika sudah, buanglah air rendaman tersebut.
  2. Kemudian siapkan 5 gelas air lalu tuang ke dalam panci berukuran sedang.
  3. Rebus air dalam panci tersebut hingga mendidih lalu masukkan beras merah hasil rendaman tadi dan dimasak sampai setengah matang (aduk sesekali untuk mengetahui tingkat kematangan beras merah tersebut).
  4. Setelah itu masukkan beras merah tersebut ke dalam rice cooker dan tambahkan air sebanyak 1 ½ ruas jari dari atas permukaan beras merah tersebut, masak dan tunggu hingga matang.
  5. Jika sudah matang, taburi nasi merah dengan 1 sdt garam halus lalu aduk sampai merata untuk menambahkan cita rasa dan nasi merah sudah siap dinikmati.

Selamat mencoba di rumah ya!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU