The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Baru Mulai Usaha Kuliner? Ini Tips dari Chef Arnold agar Bisnis Moncer
Chef Arnold (instagram/@arnoldpo)
Food

Baru Mulai Usaha Kuliner? Ini Tips dari Chef Arnold agar Bisnis Moncer

Rabu, 26 Februari 2020 15:08 WIB 26 Februari 2020, 15:08 WIB

INDOZONE.ID - Di zaman sekarang ini, ada berbagai pekerjaan yang bisa mengubah hidup kita menjadi lebih baik.

Mulai dari bekerja di kantor sembari menatap layar monitor, pekerjaan yang mengharuskan terjun ke lapangan hingga membuat baju basah karena cucuran keringat.

Atau pekerjaan yang mengandalkan kemahiran dalam menjual produk secara online.

Namun, ada satu pekerjaan yang terbilang menyenangkan atau menuntut kreativitas dan kemampuan dalam melihat perkembangan pasar, yaitu usaha kuliner.

Siapa sih yang tak suka dengan makanan? Mau makanan tradisional atau modern, yang namanya makanan masih jadi incaran banyak orang kapan pun dan dimana pun.

Itulah kenapa usaha kuliner di zaman sekarang ini terbilang sangat menjanjikan.

Apalagi dengan perkembangan teknologi serta munculnya layanan pesan-antar makanan secara daring. Orang jadi tak perlu susah-susah untuk bisa merasakan nikmatnya seporsi makanan.

Namun perlu diingat, membuka usaha kuliner tak semudah yang dibayangkan. Ada hal-hal yang harus diperhatikan agar usaha ini berjalan lancar.

Apalagi jika orang tersebut belum memiliki pengalaman dalam bidang usaha kuliner.

Nah, buat kamu yang baru mencoba peruntungan dalam usaha kuliner, berikut ini ada sejumlah tips dari Chef Arnold agar usaha kuliner bisa berjalan lancar.

1. Konsep dan produk original

kuliner
ilustrasi pelaku bisnis kuliner memasak di restoran (pexels/Edgar Castrejon)

Salah satu juri ajang masak memasak ini mengungkapkan, hal pertama yang harus diperhatikan oleh orang untuk membuka usaha kuliner ialah konsep dan produk yang original

. Menurutnya, orang-orang  tidak hanya tertarik dengan cita rasa makanan saja, tapi juga sensasi baru saat menikmatinya.

"Kita ingin bisnis ini bukan bisnis hype, tapi apa next-nya? Kita open untuk semua ide baru sesuai dengan visi-misi mereka sendiri dengan produknya," ujar Chef Arnold.

2. Melakukan riset terlebih dahulu

makan
ilustrasi orang sedang makan di restoran (pexels/Daria Shevtsova)

CEO Digitarasa tersebut mengungkapkan, riset sangat diperlukan saat ingin memulai bisnis kuliner. Dengan riset, kita bisa mengetahui cita rasa yang diinginkan konsumen.

"Yang diminati banyak konsumen saat ini secara data, misalnya, lebih ke cita rasa Indonesia yang inovatif, penyajian cepat dan harga affordable," ujarnya.

Menurut ayah dari satu anak ini, riset bisa membuat bisnis kuliner jadi lebih baik lagi ke depannya.

"Karena bukan cuma mengandalkan produknya yang enak, konsep yang bagus, tapi kalau mau berbisnis kita harus punya skill lagi, bekal supaya pemilik bisa grow bisnis mereka lebih besar lagi," ungkapnya.

3. Terbuka dengan komentar orang lain

makan
ilustrasi konsumen makan (pexles/Andrea Piacquadio)

Sebagai seorang pelaku bisnis kuliner, masukan atau komentar orang lain harus dijadikan sebagai motivasi. Menurut Chef Arnold, komentar dari konsumen akan membuat bisnis jadi berkembang.

"Good and bad review itu adalah review yang bagus untuk bisnis F&B. Bad review adalah masukan agar kita bisa lebih baik lagi," katanya.

"Sementara good review bukan untuk kita sombong or take it for granted, tapi untuk menyadarkan ternyata kita punya potensi yang bisa dikembangkan lebih baik," sambungnya.

4. Berani berkolaborasi

kulone
ilustrasi kolaborasi bisnis kuliner dengan layanan transportasi online (instagram/@dentacoffea)

Untuk memajukan usaha kuliner kata Chef Arnold, pelaku bisnis harus mau berkolaborasi dengan pihak lain,  misalnya dengan layanan daring untuk memperluas bisnisnya.

"Sekarang banyak marketplace. Bagaimana marketplace ini membuat begitu banyak pilihan untuk konsumen," ujar Chef Arnold.

"Kita harus grow bersama dengan food delivery untuk kolaborasi dan mempercepat skala bisnis F&B tersebut," lanjutnya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Putri
Zega

Zega

Editor
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US