The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penting, 6 Makanan Ini Tak Boleh Kamu Panaskan Lagi!
Ilustrasi bahan makanan. (midwestcommunity.org)
Food

Penting, 6 Makanan Ini Tak Boleh Kamu Panaskan Lagi!

Selasa, 27 Oktober 2020 16:00 WIB 27 Oktober 2020, 16:00 WIB

INDOZONE.ID - Dengan beberapa alasan kita seringkali memanaskan kembali makanan yang tidak habis di hari sebelumnya agar dapat dimakan kembali. 

Namun beberapa makanan justru akan kehilangan nilai gizi bahkan tidak aman untuk dikonsumsi setelah dipanaskan kembali. 

Berikut daftar 6 makanan yang tidak boleh kamu panaskan kembali. 

1. Sayuran dengan kandungan nitrat yang tinggi

Sejumlah sayuran berdaun hijau, bayam, wortel, lobak atau seledri harus kamu hindari untuk memanaskannya kembali. Sayuran kaya nitrat ini ketika dipanaskan kembali bisa berubah menjadi racun, melepaskan sifat karsinogenik, yang umumnya bersifat kanker. 

Bayam mengandung zat besi dalam jumlah tinggi, sehingga memanaskan  kembali bayam dapat mengoksidasi zat besi yang ada dalam bayam. Oksidasi zat besi menghasilkan radikal bebas berbahaya yang diketahui menyebabkan banyak penyakit termasuk kemandulan dan kanker.

2. Telur

Telur  adalah sumber protein yang kaya, namun telur yang telah dimasak atau direbus jika terkena panas berulang kali dapat menyebabkan kerusakan yang serius.

Ilustrasi telur rebus tak boleh dipanaskan kembali
Ilustrasi telur rebus. (Pixabay/Charly_7777)

Makanan berprotein tinggi mengandung banyak nitrogen. Nitrogen ini mungkin teroksidasi karena pemanasan kembali, yang selanjutnya menyebabkan kanker.

3. Nasi

Seseorang disebut dapat menderita keracunan makanan jika makan nasi yang dihangatkan. Ini karena adanya bakteri yang sangat resisten yang disebut Bacillus Cereus. Panas membunuh bakteri ini, tetapi panas dapat menghasilkan spora yang bersifat racun. 

Setelah nasi dipanaskan kembali dan ditinggalkan pada suhu kamar, spora yang dikandungnya dapat berkembang biak, yang selanjutnya menyebabkan keracunan makanan jika dikonsumsi.

4. Ayam 

Ini mungkin salah satu makanan yang paling sering kita panaskan. Namun jika kamu telah menyimpan olahan ayam di kulkas, ingatlah untuk tidak memanaskannya lagi. 

Komposisi protein dalam bahan pokok ini benar-benar berubah saat dikeluarkan dari lemari es untuk dipanaskan. Hal tersebut dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. 

5.  Kentang

Kentang kaya akan vitamin B6, potasium , dan vitamin C , namun jika dipanaskan berulang kali, kemungkinan besar kentang akan menghasilkan Clostridium Botulinum (bakteri penyebab Botulisme). 

Ilustrasi hidangan kentang
Ilustrasi hidangan kentang. (Pixabay/dbaezol)

Jadi jika ingin menghindari pertumbuhan bakteri itu, yang terbaik adalah menyimpannya di lemari es atau membuangnya jika tidak dikonsumsi dalam 1-2 hari.

6. Jamur 

Jamur sangat dianjurkan utnuk dimakan setelah dimasak. Idealnya, jamur  tidak boleh disimpan untuk dikonsumsi keesokan harinya dengan memanaskannya kembali. 

Jamur memiliki kadar protein dan mineral yang banyak, memanaskannya membuat kerusakan pada sistem pencernaan. Itu karena memanaskan jamur akan menghasilkan racun yang mengandung nitrogen teroksidasi dan radikal bebas. 

Jadi, pastikan untuk memakan sisa hidangan jamur kamu kemarin dalam keadaan dingin ya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Reka
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US