The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Rica Ayam Mbok Usrek Cuma Rp5 Ribu, Rela Jualan Murah karena Kisah Pilu Masa Lalu
Rica ayam Mbok Usreg yang fenomenal (Z Creators/Eksani)
Food

Rica Ayam Mbok Usrek Cuma Rp5 Ribu, Rela Jualan Murah karena Kisah Pilu Masa Lalu

Senin, 29 Agustus 2022 13:55 WIB 29 Agustus 2022, 13:55 WIB

INDOZONE.ID - Kabupaten Boyolali, punya banyak kuliner lezat yang manjakan lidah. Banyak sekali macamnya, mulai dari yang manis, gurih, hingga kuliner pedas. Nah bagi pecinta kuliner pedas, Tim Z Creators, Eksani, merekomendasikan warung rica ayam Mbok Usrek yang lokasinya terpencil.

Rica ayam Mbok Usrek terkenal enak dan murah, seporsinya cuma Rp5 ribu!

Warung selalu ramai pembeli

rica ayam mbok usrek
Warung rica ayam Mbok Usrek yang fenomenal di Boyolali (Z Creators/Eksani)

Memang butuh sedikit perjuangan untuk menemukan warung Mbok Usrek karena lokasinya di sebuah gang dan masuk ke dalam pedesaan, tepatnya di Dukuhan Kelipan, Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali. Meski lokasinya jauh dari keramaian, warung ini justru enggak pernah sepi pembeli.

Saat Tim Z Creators, Eksani, ke warung tersebut Minggu (28/8/2022) kemarin, para pembeli nampak antre demi menikmati rica ayam Mbok Usrek. Saking ramainya, warung rica-rica ayam Mbok Usrek setiap hari buka mulai pukul 09.00-24.00 WIB.

rica ayam mbok usrek
Kedai selalu ramai pembeli (Z Creators/Eksani)

Seporsi rica ayam fenomenal ini bercita rasa gurih dan pedas. Sementara daging ayamnya super lembut.

Warung sederhana ini dikelola Usrek, sang pemilik warung sejak 2004. Nama Mbok Usrek sendiri, sesuai dengan nama paggilan masa kecilnya dahulu.

Harga murah karena pernah susah

rica ayam mbok usrek
Mbok Usrek menyiapkan rica ayam (Z Creators/Eksani)

Mbok Usrek menuturkan kalau warung ini sudah ia buka sejak 17 tahun yang lalu. Dahulu, menu favoritnya ada soto, mie godok dan rica ayam. Namun karena antusiasme pembeli akan rica ayam begitu tinggi, sekarang ia fokus menjual rica ayam saja.

rica ayam mbok usrek
Rica ayam pedas andalan Mbok Usrek (Z Creators/Eksani)

Bukan sekadar berjualan. Ternyata ada sejarah pahit di balik warung sederhana ini. Kisah pilu ini membuatnya enggak patah semangat membangun bisnis sederhana, resep turun temurun.

“Awal saya buka warung waktu itu saya orang yang tidak punya, malah tiba-tiba suami saya kena halangan saat nyopir, kendaraan pabrik nabrak orang dan meninggal. Lalu suami saya dikeluarkan dari pabrik, dan saya membuka warung ini, menunya waktu itu banyak namun saat ini saya paling digemari yaitu rica-rica ayam.” Ungkap Mbok Usrek.

rica ayam mbok usrek
Rica ayam Mbok Usrek yang fenomenal (Z Creators/Eksani)

Ketika ditanya soal harganya yang murah, Mbok Usrek malah cerita kalau awalnya ia cuma membanderol rica ayamnya seharga Rp1,500 atau Rp2,500 per porsi. Ia ingin semua orang dan kalangan termasuk yang enggak mampu sekalipun bisa menikmati rica ayam buatannya.

“Kenapa saya jual murah karena saya dulu merasakan sekali menjadi orang yang tidak punya. Bahkan saat bayaran hari Sabtu, hari Senin sudah tidak punya uang. Makanya saya merasakan menjadi orang yang tidak punya waktu itu, oleh sebab itu saya jual rica ayam ini yang penting bisa jalan dan tidak terlalu rugi,” ujarnya.

Sehari habiskan 100 kg ayam

rica ayam mbok usrek
Putri Mbok Usrek menyiapkan makanan (Z Creators/Eksani)

Karena harganya yang murah namun rasanya yang luar biasa, warung ini bisa 70 kg hingga 80 kg ayam, namun saat hari libur atau akhir pekan bisa mencapai 100 kg ayam. Sementara untuk beras, sekitar 60 kg habis setiap hari.

“Untuk cabainya kita pakai yang cabai rawit asli, dalam sehari bisa menghabiskan 7 kg hingga 9 kg cabai, dan meski cabai mahal kita tetap jaga rasanya yang pasti tetap enak dan murah,” kata Mbok Usrek.

Meski hanya warung di pedesaan, namun omzet dari warung ini enggak kaleng-kaleng, setiap hari rata-rata Mbok Usrek mendapatkan Rp5 juta-Rp6 Juta,

“Namun saat akhir pekan bisa mencapai Rp 7 juta, namun itu masih angka kotor,” kata April, anak dari Mbok Usrek.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Eksani
Eksani

Eksani

Community Writer
JOIN US
JOIN US