The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cuma Jual Yogurt Kedai Langganan Presiden Ini Sukses Bertahan 1,5 Abad Lebih, Seenak Apa?
Surga pecinta Yogurt di Turki (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)
Food

Cuma Jual Yogurt Kedai Langganan Presiden Ini Sukses Bertahan 1,5 Abad Lebih, Seenak Apa?

Sabtu, 28 Mei 2022 09:07 WIB 28 Mei 2022, 09:07 WIB

INDOZONE.ID - Susu dan produk turunannya termasuk komoditas penting di Turki. Keju, mentega, es krim dan yogurt jadi bagian tak terpisahkan dalam tradisi kuliner Turki. Beda dengan di Indonesia, yogurt di negara ini teksturnya kental dan enggak pakai gula dalam proses fermentasinya.

Di Turki, yogurt lazim digunakan untuk bahan pelengkap masakan, topping kebab dan berbagai hidangan penutup, campuran nasi dan pasta, atau dikonsumsi langsung. Meski melimpah di pasaran, orang Turki lebih suka membuat yogurt sendiri di rumah, karena lebih fresh dan bebas bahan pengawet.

yougrt turki
Kedai yogurt langganan presiden dan perdana menteri (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Mereka yang ingin mencoba yogurt dengan cara berbeda, biasanya datang ke Kanlica. Distrik di tepi Selat Bosphorus, Istanbul ini menjadi surga penikmat yogurt sejak ratusan tahun silam. Di sepanjang jalan berjajar kedai yang menjual yogurt homemade.

yogurt
Yogurt homemade selai ceri dan stroberi (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Tapi yang paling ikonik adalah kedai yogurt Ismail Aga, yang berusia 152 tahun! Letaknya di tepi Dermaga Kanlica. Semula bangunan kayu ini merupakan kedai kopi terbesar kedua di Istanbul, setelah Pierre Lotti. Luasnya sekitar 42 meter.

turkish yogurt
Kedai yogurt legendaris berusia 152 tahun (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Sang pemilik, Ismail Hakki mulai menjual yogurt pasca perang Rusia dan Turki Utsmani alias Ottoman. Kala itu orang-orang Turki yang kembali dari Balkan, menetap di Distrik Kanlica. Merekalah yang memperkenalkan tradisi membuat yogurt lalu menawarkannya ke penduduk setempat.

Kedai Ismail Aga semula membeli yogurt dari para imigran dan menjualnya secara eceran. Perlahan, kedai memproduksi sendiri. Susu segar didatangkan setiap pagi dari peternakan di distrik ini.

yogurt turki
Aneka yogurt dengan toping unik (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Kedai Ismail Aga menjadi bagian penting dari sejarah yogurt di Distrik Kanlica. Termasuk yang pertama kali memperkenalkan yogurt dengan topping gula halus. Seiring waktu kedai juga menawarkan ragam topping lainnya, seperti madu, selai ceri dan stroberi, es krim dan pekmez atau sari tetes buah yang mirip gula aren cair.

yogurt turki
Yogurt toping madu dan gula halus (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Yogurt di kedai Ismail Aga bebas zat kimia. Harganya bervariasi, mulai dari Rp20-50 ribu tergantung ukuran dan topping. Kedai legendaris ini jadi langganan presiden, perdana menteri, wali kota, ilmuwan, seniman, penyair dan penulis terkenal. Kedai ini juga kerap jadi lokasi syuting film dan serial TV Turki.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana

Elisa Oktaviana

Community Writer
JOIN US
JOIN US