The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

6 Makanan Wajib yang Baik untuk Nutrisi Otak Anak-anak
Telur, kacang-kacangan dan sayuran hijau. (Pixabay/RitaE/ Monikabaechler/Pexels/Meharn B)
Food

6 Makanan Wajib yang Baik untuk Nutrisi Otak Anak-anak

Jumat, 04 Desember 2020 11:59 WIB 04 Desember 2020, 11:59 WIB

INDOZONE.ID - Anak-anak penuh dengan energi dan kekuatan. Mereka selalu bersemangat, ceria dan ingin tahu banyak hal. Namun selain kebutuhan nutrisi untuk keaktifan fisik mereka, anak-anak juga butuh nutrisi untuk otak

Faktanya, cara otak berkembang selama kehamilan dan dua tahun pertama kehidupan, menentukan bagaimana otak akan bekerja selama sisa hidup seseorang.

Berikut ini 6 makanan peningkat nutrisi otak untuk anak-anak.

1. Produk Susu

Susu, yoghurt, dan keju sangat bergizi dan dikemas dengan protein dan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmiter, dan enzim yang berperan penting di otak. Selain itu, produk susu mengandung kalsium tinggi yang sangat penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang yang kuat dan sehat.

2. Oat dan sereal (gandum utuh)

Karena mengandung karbohidrat, biji-bijian menyediakan glukosa dan energi penting untuk memberi bahan bakar pada otak. Mereka juga penuh dengan vitamin B, yang menyehatkan sistem saraf. Sarapan yang diisi dengan biji-bijian meningkatkan daya ingat dan perhatian jangka pendek. Biji-bijian utuh ditemukan dalam gandum, gandum hitam, beras liar, quinoa, dan soba.

Oat dan yogourt yang baik untuk otak anak-anak.
Oat dan yogourt yang baik untuk otak anak-anak. (Pexels/Daria Shevtsova)

3. Telur

Kolin yang ditemukan dalam telur adalah vitamin yang sangat penting yang memainkan peran integral dalam perkembangan otak anak-anak. Sangat penting untuk pembentukan sel memori jauh di dalam otak.

Baca Juga: Resep Camilan Buncis Kriuk yang Simple Banget

4. Ikan yang berminyak

Ikan berminyak seperti tuna, sarden, salmon, dan lainnya kaya akan omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan kesehatan. Asam lemak omega-3 adalah komponen penting dari bahan pembangun yang dibutuhkan untuk perkembangan sel.

5. Kacang dan biji-bijian

Dikemas dengan protein, asam lemak esensial, vitamin, dan mineral, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat meningkatkan suasana hati dan menjaga sistem saraf tetap terkendali. 

6. Sayuran hijau

Penuh folat dan vitamin, konsumsi bayam dan kangkung dikaitkan dengan kemungkinan lebih rendah terkena demensia di kemudian hari. Selain itu, kale adalah makanan super, dikemas dengan antioksidan dan hal-hal lain yang membantu pertumbuhan sel-sel otak baru.

Artikel Menarik Lainnya:



TAG
Reka
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US