The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Tempoyak, Makanan Khas Sumsel yang Punya Rasa Unik, Perpaduan Cabai dan Durian
Sambal tempoyak (Instagram/nourskitchen.hq)
Food

Mengenal Tempoyak, Makanan Khas Sumsel yang Punya Rasa Unik, Perpaduan Cabai dan Durian

Senin, 29 November 2021 21:00 WIB 29 November 2021, 21:00 WIB

INDOZONE.ID - Bagi kamu pecinta kuliner khususnya orang Sumatera pasti tidak asing lagi dengan sambal unik satu ini. Yup, sambal tempoyak. Sambal khas ini dikatakan unik karena terbuat dari buah durian yang difermentasi yang kemudian dipadukan dengan sambal cabai. 

Sambal ini sangat terkenal dengan Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Jambi, dan Kalimantan. Bahkan makanan ini juga dikenal sampai Malaysia, lho. 

Tempoyak biasanya makanan yang dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Perpaduan buah durian dan sambal ini menghasilkan cita rasa unik yang hanya bisa dirasakan ketika menyantapnya. 

Berikut beberapa fakta menarik mengenai tempoyak yang dijamin bikin kamu ngiler.

1. Sejarah Tempoyak

Tempoyak
Instagram/emmasherrina

Sambal tempoyak ini pertama kali berasal dari Sumatera Selatan yang proses pembuatannya itu didasari akan hasil durian yang berlimpah di Sumsel. Untuk memanfaatkan keberlimpahan ini, orang-orang Sumatera Selatan kemudian mengolahnya menjadi makanan yang tahan lama, yakni dengan cara difermentasi. 

Cara pengolahan tempoyak juga membutuhkan waktu cukup lama karena harus menunggu proses fermentasi selama 3-5 hari. Awalnya, daging durian yang telah berair dipisahkan dari bijinya lalu diberi sedikit garam dan cabe rawit untuk kemudian difermentasi.

2. Olahan Tempoyak

Tempoyak
Instagram/eviwanq

Tempoyak yang telah selesai difermentasi ternyata dapat diolah menjadi beberapa makanan atau juga bisa digunakan sebagai bumbu pelengkap bagi masyarakat Sumsel. 

Adapun makanan yang biasa diolah memakai tempoyak, yakni sambal tempoyak mentah, sambal tempoyak tumis, ikan masak tempoyak, pindang patin tempoyak, dan brengkes tempoyak.

Baca juga: Resep Sambal Tempoyak, Paduan Cabai dan Durian yang Bikin Nagih

3. Cocok disantap dengan nasi dan lauk

Ikan patin masak tempoyak
Instagram/daridapoflat

Tempoyak memiliki rasa asam dan tekstur lembut dari durian. Bagi masyarakat Sumsel yang sudah terbiasa makan tempoyak, akan menyantap makanan ini dengan nasi atau lauk. 

Tempoyak ini juga bisa dimakan langsung, namun sedikit orang  yang melakukannya karena tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri. 

4. Manfaat Tempoyak

Sambal tempoyal
Instagram/nanasaidfoodies

Selain memiliki cita rasa yang unik, tempoyak juga memiliki berbagai macam manfaat seperti menjaga sistem pencernaan tubuh,memperlancar BAB serta menjaga kekebalan tubuh.

Namun, mengkonsumsi tempoyak terlalu banyak juga tidak bagus bagi kesehatan. Karena akan membuat perut terasa mual dan kepala terasa pusing.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Putri Octapia Saragih
JOIN US
JOIN US