The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Jenis Kaktus yang Bisa Dimakan, Nomor 1 Jadi Favorit Banyak Orang!
Kumpulan Kaktus (Freepik)
Food

5 Jenis Kaktus yang Bisa Dimakan, Nomor 1 Jadi Favorit Banyak Orang!

Baik untuk kesehatan.

Senin, 08 Agustus 2022 11:10 WIB 08 Agustus 2022, 11:10 WIB

INDOZONE.ID - Kaktus memang terkenal sebagai tanaman hias yang cantik dan cara merawatnya yang mudah. Tetapi beberapa kaktus ternyata bisa kamu konsumsi dan mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, lho.

Meskipun begitu, kamu harus tetap waspada karena tidak semua kaktus bisa dikonsumsi bahkan sangat beracun. Durinya pun sangat berbahaya jika menyentuh kulitmu.

Tanaman kaktus yang bisa dimakan berasal dari Amerika Latin dan Meksiko. Selain bisa memakannya secara langsung, masyarakat disana biasa menjadikan kaktus sebagai salad mereka.

Rasa dari kaktus itupun beragam ada rasa pahit, manis, hambar dan masam. Tapi tenang sekarang kamu bisa menemukan kaktus yang bisa dikonsumsi dengan mudah di Indonesia.

Lalu, apa saja sih kaktus yang bisa dikonsumsi? berikut daftarnya!

1. Buah Naga

Ilustrasi buah naga
Freepik

Yup, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan buah naga atau bahkan buah ini sudah jadi favoritmu. Buah naga termasuk salah satu jenis kaktus (famili ataceae dan subfamili Hylocereanea).

Secara rasa buah naga memiliki rasa segar seperti buah kiwi dan melon. Daging buah naga juga memiliki warna yang beragam seperti putih, merah, hingga keunguan. Biji buah naga sangat kecil sehingga bisa kamu lahap langsung tanpa membuang bijinya.

Buah naga kaya akan kandungan vitamin C 80%, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin B, protein, kalsium serta serat yang baik.

2. Prickly Pear

Prickly Pear
Freepik

Memang asing mendengar buah ini di Indonesia bahkan susah untuk menemukannya. Kaktus ini tumbuh subur di tanah kering, tandus, dan berpasir.

Kaktus ini dengan mudah ditemukan di Meksiko, Texas, dan California. Secara penampilan buah ini tidak jauh berbeda dengan buah naga. Hanya saja ukurannya lebih kecil dan memiliki banyak biji.

Namun, kandungan pektin pada buah prickly pear ini dapat menurunkan kebutuhan insulin bagu penderita diabetes serta dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Kaktus Barel

Kaktus Barel
commons.wikimedia.org

Duri kaktus barel ini memang beracun dan bisa menyebabkan iritasi jika terkena kulit, namun buahnya sangat segar dan aman dikonsumsi.

Buah kaktus barel menyerupai nanas namun lebih kecil dan tidak berduri. Rasa buah kaktus barel seperti perpaduan kiwi dan lemon rasanya segar karena sedikit asam.

Kaktus ini memang sulit ditemukan di Indonesia karena tumbuh subur di daerah gurun.

4. Buah Saguaro

Buah Saguaro
id.depositphoto

Tanaman kaktus saguaro ditemukan di gurun Sonora, Amerika Utara. Biasanya kaktus ini dijadikan objek foto oleh wisatawan yang berkunjung kesana.

Tetapi tidak banyak yang tahu bahwa buah kaktus sagurao bisa dikonsumsi. Buah saguaro memiliki rasa manis seperti stroberi, sehingga sering dijadikan selai dan sirup.

Buah saguaro mengandung banyak air dan kaya akan vitamin C serta vitamin B12.

5. Apel Peru

Apel Per
capegazette.com

Buah apel peru ini memang terlihat seperti buah persik karena buahnya yang berwarna oranye kemerahan.

Rasa dari buah apel peru ini manis dan segar. Bijinya pun sedikit sehingga aman untuk dikonsumsi anak kecil.

Apel peru banyak ditemukan di Uruguay, Brazil, dan Argentina. Kamu bisa memakan langsung buahnya setelah memetiknya.

Kandungan beta-karoten, vitamin C, dan serat yang tinggi dari buah ini sangat baik untuk pencernaan dan daya tahan tubuh.

Nah, itu dia daftar kaktus yang bisa dikonsumsi. Kira-kira kamu penasaran sama rasa kaktus yang mana?

Penulis: Asyila Chairunnisa Haya

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Indozone
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US