The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Hidangan Khas Medan Ini Pasti Ada saat Lebaran, Cocok Disantap Bersama Keluarga
Lontong sayur. (Instagram/@taunyamakan)
Food

4 Hidangan Khas Medan Ini Pasti Ada saat Lebaran, Cocok Disantap Bersama Keluarga

Kamu suka yang mana?

Senin, 02 Mei 2022 15:00 WIB 02 Mei 2022, 15:00 WIB

INDOZONE.ID - Ketika Idul Fitri atau Lebaran, makanan adalah salah satu yang wajib disiapkan. Setiap daerah punya makanan khas masing-masing, termasuk pula di Kota Medan.

Berbagai jenis makanan khas Medan akan disajikan saat Lebaran untuk disantap bersama keluarga atau teman.

Biasanya penduduk muslim yang merayakan Idul Fitri di Kota Medan akan bersilaturahmi ke rumah saudara dan tetangga, sambil menikmati hidangan khas Medan yang biasanya dihidangkan oleh pemilik rumah.

Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan Khas Medan Halal yang Lezat, Sudah Coba?

Nah, bagi kamu yang merayakan Idul Fitri di Medan, jangan lupa untuk mencicipi hidangan khas Medan yang ada saat Lebaran.

1. Lontong

Meski lontong sayur banyak dijumpai saat hari biasa, tapi makanan khas Medan yang satu ini sangat dinantikan saat Lebaran.

Disantap dengan gulai sayur, sambal teri dan oseng-oseng bihun, menambah kelezatan lontong sayur khas Medan yang biasanya disantap bersama bersama keluarga usai shalat Idul Fitri.

lontong sayur
Lontong sayur. (Instagram/@taunyamakan)

2. Soto Medan

Siapa yang tidak suka makanan khas Medan yang satu ini, rasa gurih dan lezat soto berwarna kuning pekat ini, membuatnya selalu dinanti saat Lebaran.

Soto khas Medan ini berasal dari campuran berbagai rempah pilihan dan santan, membuatnya berbeda dari soto pada umumnya.

makanan khas medan
Soto Medan. (Instagram/@nikanasution)

3. Daun ubi tumbuk

Meski dari tampilannya tidak menggiurkan, gulai daun ubi tumbuk ini adalah sayur kebanggaan suku Batak dan selalu ada di warung makan khas Mandailing.

Bahan utama gulai ini, yakni daun ubi yang ditumbuk kemudian ditambahkan cempoka atau kincong. Hidangan wajib saat Lebaran ini juga cocok disantap dengan ikan asap dan juga sambal terasi. Dijamin bikin nagih!

makanan khas medan
Daun ubi tumbuk. (Instagram/@audrys_kitchen)

4. Gulai nangka

Gulai nangka juga salah satu hidangan khas Lebaran yang sering dijumpai di Medan. Biasanya gulai nangka muda disajikan bersama lontong sayur.

Menu yang satu ini merupakan resep turun-temurun dari masyarakat Melayu Deli. Meski jadi ciri khas saat Lebaran, gulai nangka juga banyak dijual saat hari-hari biasa.

makanan khas medan
Gulai nagka. (Instagram/@cateringmimie)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Fitri
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US