5 Tips Membuat Ketupat Tak Mudah Basi
Ilustrasi ketupat. (goodnewsfromindonesia)
Food

5 Tips Membuat Ketupat Tak Mudah Basi

Biar tahan lama.

Jumat, 22 Mei 2020 15:45 WIB 22 Mei 2020, 15:45 WIB

INDOZONE.ID - Ketupat menjadi sajian favorit saat Hari Raya Idul Fitri. Ketupat merupakan olahan beras yang dibungkus dengan daun kelapa atau janur yang dianyam. Biasanya ketupat dinikmati dengan opor atau gulai.

Namun seringkali ketupat yang biasa dibuat menjadi cepat basi dan berair, padahal belum lama dibuatnya.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (22/5/2020), inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat membuat ketupat agar tak mudah basi.

1. Pilih Beras

5 Tips Membuat Ketupat Tak Mudah Basi
Ilustrasi beras. (Pixabay/ImageParty)

Bahan utama yang digunakan untuk membuat ketupat adalah beras. Nah, tips pertama yang harus kamu lakukan agar ketupat tak mudah basi adalah memastikan beras yang digunakan berkualitas bagus.

Pilihlah beras dengan bentuk yang bagus, tak mudah patah, tak berkerikil, bersih dan tak bau apek. Jangan lupa untuk mencuci beras hingg bersih, rendam selama 30 menit lalu tiriskan sebelum digunakan.

2. Pengisian Ketupat

5 Tips Membuat Ketupat Tak Mudah Basi
Ilustrasi pengisian ketupat. (Istimewa)

Setelah beras dicuci hingga bersih dan ditiriskan, hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar ketupat tak mudah basi yakni dengan memerhatikan saat pengisian ketupat.

Jika kamu mengisinya terlalu banyak, ketupat akan mengeras dan menjadi kurang matang. Sebaliknya, jika kamu mengisinya terlalu sedikit, ketupat akan menjadi lembek. Isilah ketupat dengan porsi yang pas yaitu sebanyak 2/3 bagian kulit ketupat.

3. Masak hingga Matang

5 Tips Membuat Ketupat Tak Mudah Basi
Ilustrasi memasak ketupat. (gulalives)

Tips selanjutnya membuat ketupat tak mudah basi adalah memasaknya hingga benar-benar matang sempurna. Ketupat biasanya dimasak dengan durasi sekitar 4-5 jam.

Pastikan saat merebus, semua bagian ketupat tercelup ke dalam air ya, agar semua bakteri yang ada di dalam beras dan kulit ketupat mati.

4. Siram dengan Air Dingin

5 Tips Membuat Ketupat Tak Mudah Basi
Ilustrasi ketupat. (Cookpad/Dapur LIA)

Setelah matang, kamu bisa menyiram ketupat dengan air dingin. Hal ini bertujuan agar sisa rebusan ketupat yang menempel terbawa air bersamaan dengan kotoran dan lendir dari daun. Kotoran itulah yang bisa menyebabkan ketupat menjadi mudah basi lho.

5. Tiriskan hingga Kering

5 Tips Membuat Ketupat Tak Mudah Basi
Ilustrasi ketupat. (resepkoki)

Hal terakhir yang harus kamu lakukan yakni tiriskan ketupat hinga benar-benar kering agar terbebas dari air. Kandungan air di dalam ketupat membut ketupat menjadi mudah basi. 
Selain itu, simpan ketupat dengan cara digantung di tempat yang kering dan terbuka. Cara tersebut bertujuan meniriskan sisa air yang masih ada di dalam ketupat.


Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat membuat ketupat agar tak mudah basi. Selamat mencoba.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Yulia Marianti
JOIN US