The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

7 Makanan Khas Palembang Legendaris dan Enak, Selain Pempek
Pempek Palembang (Instagram/@nee.neena_)
Food

7 Makanan Khas Palembang Legendaris dan Enak, Selain Pempek

Kamis, 02 Juli 2020 12:46 WIB 02 Juli 2020, 12:46 WIB

INDOZONE.ID - Ada berbagai macam makanan khas Palembang. Bicara soal kuliner Palembang, banyak orang akan langsung teringat dengan pempek atau empek-empek Palembang.

Selain pempek, ternyata makanan khas Palembang ada banyak sekali lho, guys. Mulai dari makanan ringan, makanan berat, kudapan, hingga jajanan kaki lima.

Dalam artikel ini, Indozone akan merekomendasikan beberapa kuliner khas Palembang yang sangat cocok kamu coba saat berkunjung ke Ibu Kota Sumatera Selatan ini.

Makanan Khas Palembang Paling Enak dan Murah Meriah

Puluhan makanan khas Palembang bukan cuma lezat, namun juga ada kaitan dengan budaya yang ada di lingkungan masyarakat Palembang.

Untuk harganya, kuliner khas Palembang kebanyakan dijajakan dengan harga terjangkau. Sementara soal rasa, kudapan asal Palembang dijamin bikin kamu ketagihan, deh.

Apa saja ya? Berikut dirangkum Indozone, inilah rekomendasi makanan khas Palembang paling enak dan murah meriah yang wajib kamu cicipi:

1. Pempek

makanan khas Palembang Pempek
Pempek (Instagram/@pempekmantul.id)

Pempek atau empek-empek adalah salah satu makanan khas Palembang paling terkenal. Makanan ini terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dengan tepung kanji, serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam.

Untuk mencoba lezatnya rasa pempek asli Palembang, bisa kamu temukan dengan sangat mudah di seantero Kota Palembang. Ada yang menjual di restoran, ada yang di pinggir jalan, dan juga ada yang dipikul.

Biasanya, pempek disajikan dengan tambahan saus khusus, terbuat dari campuran gula merah, cabai, bawang putih, garam, dan udang ebi.

2. Tekwan

makanan khas Palembang tekwan paling enak
Tekwan Palembang (Instagram/@masakjajan)

Tekwan adalah sejenis penganan khas Palembang yang terbuat dari campuran daging ikan dan tapioka, yang dibentuk berupa bulatan kecil-kecil, lalu disajikan dalam kuah udang dengan citarasa khas.

Biasanya pelengkap tekwan adalah mi soun atau bihun, irisan bengkoang dan jamur kuping, kemudian ditaburi irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

Makanan ini disebut tekwan karena berasal dari kata 'Berkotek Samo Kawan', yang dalam bahasa Palembang artinya duduk mengobrol bersama teman.

3. Laksan

makanan legendaris khas Palembang Laksan
Laksan Palembang (palembang-tourism.com)

Makanan legendaris khas Palembang berikutnya adalah laksan. Bahan baku membuat laksan ini yaitu sagu dan ikan.

Laksan dibuat dalam bentuk oval dengan rasa yang hampir mirip seperti pempek. Bedanya, laksan biasa disajikan dengan menggunakan kuah santan.

4. Celimpungan

makanan asli Palembang celimpungan
Celimpungan (Instagram/@palembangkulukilir)

Celimpungan adalah makanan asli Sumatera Selatan, Palembang. Bisa dibilang, ini makanan turunan dari pempek dan sulit ditemukan di hari biasa, karena kerap dijadikan hidangan saat Lebaran.

Bahan dasar untuk membuat celimpungan adalah adonan sagu dan ikan, seperti halnya empek-empek yang juga berasal dari Palembang.

Bedanya celimpungan dengan pempek terletak pada bentuk dan kuahnya. Celimpungan berbentuk bulat dengan diameter 10 centimeter dan tipis (pipih).

Kuah celimpungan terbuat dari santan dan racikan bumbu-bumbu lainnya. Celimpungan biasanya dimakan bersama sambal goreng khas.

5. Burgo

kuliner khas Palembang burgo
Burgo Palembang (Instagram/@pempekcek_keke)

Sekilas, tampilan burgo mirip dengan kwetiaw. Bahan baku membuat kuliner khas Palembang ini yaitu adonan tepung beras dan tepung sagu, ikan gabus yang dimasak seperti dadar tipis, sebelum kemudian digulung dan diiris kasar.

Selain itu, proses pembuatan burgo juga memakai bumbu-bumbu tambahan, seperti lengkuas, ketumbar, biji kemiri, kencur, bawang merah dan putih, gula pasir, daun salam, dan sedikit kapur sirih.

Makanan ini dapat digolongkan sebagai makanan kecil dan bukan makanan utama. Burgo bisa kamu temukan di warung-warung khas Palembang dan biasanya disajikan bersama dengan makanan lain seperti lakso, laksan, dan celimpungan.

Agar terasa lebih nikmat, burgo enaknya disantap saat masih hangat, sehingga warung-warung biasa menjajakan burgo dengan kompor untuk menghangatkannya.

6. Lakso

makanan mie khas Palembang lakso
Lakso Palembang (Instagram/@momkitchenn)

Lakso adalah hidangan mie gurih khas Palembang yang disajikan dalam kuah berbahan santan kelapa berwarna kekuningan. Biasanya, lakso dicampur dengan ikan dan ditaburi bawang goreng.

Secara sederhana, lakso sering digambarkan sebagai laksa -lauk berkuah dengan campuran soun dan daging ayam- bergaya Palembang.

Namun sebenarnya, kuliner Palembang ini sangat berbeda dari laksa yang biasa ditemukan di negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

Lakso sangat mirip dengan burgo, meskipun tekstur seperti panekuk -penganan dadar- dari tepung beras yang dilipat, dipotong, dan dihidangkan dalam kuah santan berwarna putih.

Di Palembang, lakso bersama dengan burgo adalah pilihan jajanan populer yang disukai masyarakat Palembang untuk disantap saat sarapan.

7. Mie Celor

makanan khas Palembang mie celor
Mie Celor Palembang (Instagram/@ambara.food)

Ingin coba makanan khas Palembang dengan menu mie? Nah, hidangan mie celor bisa kamu coba. Tekstur mie celor biasanya lebih tebal dan lurus, menggunakan kaldu udang untuk menambah rasa gurih pada mie.

Mie celor dibuat dari mie gandum kuning agak besar dengan ukuran mirip dengan mie udon Jepang. Enaknya, mie celor disajikan dengan tambahan tauge dan telur rebus, lalu ditaburi dengan seledri segar, daun bawang dan bawang merah goreng.


Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Palembang legendaris dari zaman dahulu, paling enak, dan murah meriah. Kamu sendiri, sudah pernah mencicipi kuliner Palembang yang mana, guys?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
JOIN US
JOIN US