The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Sembarangan, Ini Tips Masak Makanan Sehat
Ilustrasi memasak. (Pexels/ELEVATE)
Food

Jangan Sembarangan, Ini Tips Masak Makanan Sehat

Perhatikan kebersihan bahan.

Rabu, 26 Januari 2022 11:43 WIB 26 Januari 2022, 11:43 WIB

INDOZONE.ID - Konsumsi makanan tidak hanya harus enak, tapi kamu juga harus memperhatikan kandungan gizi pada makanan. Itu artinya saat masak makanan di rumah kamu harus perhatikan pengolahannya.

Dilansir Antara, Chef Norman Ismail membagikan sejumlah tips untuk memulai masak makanan sehat yang bisa diterapkan sehari-hari, mulai dari makanan, pengolahan dan kandungan gizi.

Menurutnya, untuk mengubah gaya hidup dengan memasak  menu sehat memang membutuhkan niat dan komitmen. Dan kamu dapat memulai dengan masakan yang mudah.

Makanan sehat tidak sekedar berkaitan dengan rendah kalori dan rendah lemak. Tapi makanan sehat harus bisa memenuhi asupan gizi harian setiap orang.

Baca juga: 3 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mental, Bisa Kurangi Stres dan Kecemasan

“Setiap orang itu mempunyai kebutuhan gizi yang berbeda-beda dan tergantung ada penyakit apa, itu biasanya tergantung dari kondisi tertentu," kata Norman.

Dia juga menyarankan saat membuat menu makanan, usahakan embuat kombinasi menu yang kaya akan serat, protein, karbohidrat, lemak, dan seterusnya.

Saat ini banyak orang yang keliru dengan menghindari bahkan memusuhi karbohidrat serta lemak. Padahal keduanya dibutuhkan untuk proses metabolisme di dalam tubuh dan pembakaran untuk energi.

Menurutnya, yang berbahaya adalah kandungan gula di dalam  sumber karbohidrat seperti nasi.

Tapi yang tak kalah penting agalah kebersihan tidak hanya pada saat mengolah makanan tetapi juga pada saat membersihkan bahan-bahan mentah dan peralatan memasak.

Selain kebersihan, pemisahan bahan-bahan makanan sejenis, terutama di dalam lemari es, juga harus diperhatikan higenitasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Fitri
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US