The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ungkap Sejarah Arum Manis, Ryan Angkawijaya: Cuma Boleh Dimakan Para Raja Loh!
Ryan Angkawijaya (INDOZONE/M Fadli)
Food

Ungkap Sejarah Arum Manis, Ryan Angkawijaya: Cuma Boleh Dimakan Para Raja Loh!

Asal usul 'rambut nenek'

Rabu, 25 Mei 2022 09:15 WIB 25 Mei 2022, 09:15 WIB

INDOZONE.ID - Ryan Angkawijaya sukses mengembangkan bisnis jajanan tradisional Indonesia arum manis atau yang biasa disebut 'rambut nenek' yang dikembangkan secara modern dengan berbagai varian rasa.

Di balik rasanya yang manis dan banyak digemari anak-anak, ternyata arum manis memiliki asal usul. Hal tersebut diungkapkan oleh Ryan Angkawijaya.

"Saya research ternyata banyak filosofi mendalam. Arum manis awalnya jajanan China jaman dinasti hang. Kemudian di bawa ke Indonesia. Di China namanya 'dragons spear' atau 'janggut naga', yang cuma boleh dimakan sama raja, istilahnya makanan kerajaan," ucap Ryan dalam wawancara dengan tim Indozone, Jumat (13/5/2022).

Ryan kemudian menjelaskan bagaimana dulunya arum manis diproduksi dan cara mendapatkannya.

"Di Indonesia dulu bikinnya pake rebab, digesek. Pake rebab China karena asalnya dari China. Jaman dulu cara dapertin arum manis dituker kardus atau koran bekas," ungkap Ryan.

Kini, Ryan berhasil melestarikan jajanan tradisional arum manis yang hampir punah itu. Ia kemudian mengembangkan bisnis arum secara modern dengan merek Snazzy Boom. Di balik nama mereknya yang modern, ternyata Ryan menjelaskan bahwa ia tetap memberi makna filosofi pada nama bisnisnya tersebut dalam bahasa Jawa.

 

"Kita juga ada tulisan honocoroko Jawa di dekat logo Snazzy Boom, 'Arbana'. Awal muasalnya arum manis di Jawa Tengah namanya arbana, dari jaman raja Jawa di abad ke 17." jelas Ryan.

Ternyata, arum manis atau rambut nenek yang selama ini kita nikmati memiliki banyak cerita dan filosofi didalamnya. Kalau sekarang kita dapat menikmati arum manis kapan saja dan dimana saja, siapa menyangka dulunya hanya raja yang boleh makan arum manis, loh!

Ingin tahu banyak hal lagi tentang Ryan Angkawijaya dan arum manis Snazzy Boom? Yuk saksikan dalam program Indozone Talk with Benefits!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Marghareta Anandya

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US