Tips Membuat Bakwan Jagung agar Tak Cepat Benyek
Ilustrasi bakwan jagung. (Instagram/kartikathoyyib)
Food

Tips Membuat Bakwan Jagung agar Tak Cepat Benyek

Minggu, 19 Januari 2020 09:44 WIB 19 Januari 2020, 09:44 WIB

INDOZONE.ID - Bakwan jagung merupakan salah satu camilan yang begitu digemari. Rasanya yang gurih, apalagi disantap ketika lagi hangat-hangat, bakwan jagung memang terasa sangat nikmat dan bikin ketagihan.

Selain karena rasanya, bakwan jagung sangat disukai juga karena cara membuatnya yang sangat mudah. Namun, meski cara membuatnya terkesan sangat sederhana, jika salah dalam mengolahnya, maka bakwan yang dihasilkan malah akan menjadi cepat benyek, bantet, atau bahkan terlalu berminyak.

Nah, untuk menghindari kesalahan dalam membuat bakwan jagung, berikut ada tips bagaimana cara membuat bakwan jagung agar tak mudah benyek, bantet, ataupun terlalu berminyak.

Gunakan terigu dalam membuat bakwan

Terigu sangat berperan penting dalam menciptakan tekstur bakwan. Jadi takaran perbandingannya seperti ini, jika tepung terigu yang digunakan sebanyak 200 gram, maka campurkan dengan tepung beras sebanyak 50 gram. Cara ini digunakan agar bakwan jagung tidak bantet.

Pakai putih telur saja

Telur akan membuat bakwan menjadi lebih gurih. Namun, menambahkan seluruh bagian telur ke dalam adonan bakwan akan menghasilkan bakwan yang cepat benyek. Oleh karena itu, disarankan untuk memakai putih telurnya saja.

Tidak perlu menambahkan air

Sebenarnya kamu tidak perlu menambahkan air ke dalam adonan bakwan jagung, sebab jagungnya sendiri akan mengeluarkan air secara alami. Namun jika tetap ingin menambahkan air, maka gunakanlah air es.

Masak bakwan dengan teknik deep frying

Jadi teknik yang dimaksud di sini adalah gunakanlah wajan yang bagian tengahnya cekung sehingga dapat menampung minyak lebih banyak. Selain itu, pastikan api kompor berukuran sedang dan adonan bakwan terendam oleh seluruh minyak pada wajan.

Masukkan sayuran secara perlahan-lahan

Dalam membuat adonan bakwan jagung, maka dilakukan secara bertahap dan perlahan-lahan. Pertama, siapkan adonan tepung dengan mencampurkan tepung, air es, dan putih telur. Aduk hingga rata. Baru setelah itu, masukkan jagung dan sayuran lainnya sedikit demi sedikit. Cara ini dilakukan agar bakwan terasa lebih renyah.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US