The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sebuah Tips dari Barista Untuk Membuat Frappe
Ilustrasi minuman frappe. (Instagram/r7powder)
Food

Sebuah Tips dari Barista Untuk Membuat Frappe

Rabu, 03 Juni 2020 15:35 WIB 03 Juni 2020, 15:35 WIB

INDOZONE.ID - Membuat frappe ala kedai kopi bukan sesuatu hal yang menyulitkan. Sebab, seorang barista asal Inggris belum lama ini membagikan tips bagaimana membuat minuman frappe di rumah agar hasilnya sempurna.

Barista bernama Anson goodge dari Ozone Coffee Roasters mengatakan bahwa kunci awal membuat frappe adalah dengan menyiapkan cold brew. Pertama, campurkan kopi bubuk dengan air dingin.

"Kami menyarankan satu bagian kopi untuk empat bagian air," kata Goodge melansir Standard.

Dengan perbandingan komposisi kopi dan air akan membuat rasa minuman lebih kuat sekaligus dapat menetralkan es yang mengencer di kopi.

Pada saat proses penyaringan, Goodge menyarankan untuk menggunakan penyaring dengan filter nilon atau drippers kopi V60 dan kalita.

Agar cita rasa frappe lebih berkesan, gunakanlah biji kopi yang paling digemari banyak orang. Misalnya biji kopi dengan aksen cokelat, biji kopi Amerika Selatan, Brasil, Kolombia, dan Nikaragua. Lalu, biji kopi Ethiopia atau Kenya yang terasa lebih fruity.

Lalu, Goodge membagikan trik lain bagaimana menyeduh cold brew, yakni dengan air tonik dan seiris lemon.

"Sedikit asam yang didapatkan dari lemon membuat frappe menjadi minuman musim panas yang menyegarkan," kata dia.

Sebelum membuat frappe, terlebih dahulu memperhatikan suhu dari susunya. Sebab, susu dingin yang berasal dari kulkas tidak akan melebur dengan cepat sehingga lebih baik menuangkannya pada espresso di bagian atasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Nanda

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US