The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Viral! Challenge Makan Ulat Sagu yang Ternyata Banyak Manfaatnya, Jangan Takut Dulu!
Ilustrasi ulat sagu (Freepik)
Food

Viral! Challenge Makan Ulat Sagu yang Ternyata Banyak Manfaatnya, Jangan Takut Dulu!

Rasanya unik.

Kamis, 18 Agustus 2022 12:16 WIB 18 Agustus 2022, 12:16 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini challenge mencoba ulat sagu di TikTok ramai dicoba banyak orang yang penasaran dengan rasanya. Memang mendengar kata ulat saja pasti sudah geli apalagi jika dikonsumsi, tetapi terntata masyarakat Indonesia bagian Timur kerap mengonsumsi ulat sagu sebagai lauk makan.

Ulat yang terlihat gemuk berwarna putih kekuningan dengan kepalanya yang berwarna cokelat kehitaman itu merupakan larva dari pohon sagu yang telah membusuk. Ulat ini bisa dikonsumi secara mentah atau bisa diolah terlebih dahulu seperti ditumis atau dijadikan sate.

Salah satu akun TikTok yang mencoba ulat sagu secara hidup-hidup @nondtr dia bercerita bahwa ulat sagu yang dia dikirim langsung dari Papua.

@nondtr

HAHAHA #reviewnoni bareng sama kakak aku dia juga review Ulat Sagu ini @nonawrd

? original sound - Noni MCI9 - Noni MCI9

Dia juga menjelaskan bahwa dia selalu penasaran dengan rasa ulat sagu itu sendiri karena dahulu sering menonton tayangan petualangan yang mencoba bertahan hidup di hutan. Tips untuk mengonsumsi ulat sagu juga ia berikan yakni mengambil kepala ulat sagu sebelum mengonsumsinya. Rasa dari ulat sagu itu ia menjelaskan, rasanya seperti kelapa namun basi tetapi ada rasa manis yang ia rasakan dan tentu teksturnya keras dan aneh.

Dilansir dari health guide, ternyata kandungan nutrisi yang ada di dalam setiap ulat sagu itu sangat baik bagi tubuh, seperti kandungan protein yang mencapai 9,34 persen. Tidak hanya itu, ulat sagu juga mengandung asam amino, zinc, magnesium, karbohidrat, fosfor, zat besi, kalium, sampai vitamin E.

Selain kandungan nutrisi yang baik ada beberapa khasiat ulat sagu yang jarang diketahui orang sebelumnya, lho. Berikut diantaranya.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan mineral dan zinc yang ada pada ulat sagu dapat memperkuat imunitas tubuh seseorang karena mendukung pembentukan sel imun yang baru.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Untuk kamu yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi mungkin kamu bisa mencoba mengonsumsi ulat sagu ini. Kandungan vitamin E pada ulat sagu dan sifat antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Memperbaiki suasana hati

Ulat sagu dipercaya dapat meningkatkan suasana hati karena kandungan asam amino yang mendukung produksi hormon dopamin sehingga bisa memperbaiki mood dan mengurangi stress kamu.

4. Menguatkan tulang dan gigi

Kaya akan kandungan mineral dan kalsium membuat ulat sagu dapat menguatkan struktur tulang dan gigi kamu.

5. Menjaga pencernaan tetap baik

Sedang berdiet ulat sagu bisa menjadi salah satu pilihan makanan diet kamu, dengan serat yang tinggi ulat sagu dapat menjaga metabolisme pencernaanmu tetap baik.

Penulis: Asyila Chairunnisa Haya

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Indozone

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US