The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

6 Kebab Populer Khas Turki, Ada yang Disebut ‘Sampah’ dan Mirip Sate!
Salah satu jenis keban khas Turki (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)
Food

6 Kebab Populer Khas Turki, Ada yang Disebut ‘Sampah’ dan Mirip Sate!

Selasa, 21 Juni 2022 19:20 WIB 21 Juni 2022, 19:20 WIB

INDOZONE.ID - Bicara soal kuliner Turki, yang muncul pertama kali di benak banyak orang pasti kebab! Enggak heran, karena kebab udah mendunia. Istilah ‘kebab’ mengacu pada berbagai hidangan daging panggang. Biasanya daging domba, sapi dan ayam. Ada beberapa jenis kebab yang populer di Turki. Yuk cari tahu apa sih bedanya?

Doner Kebab

doner kebab
Doner Kebab, cikal bakal kebab Turki yang mendunia (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Jenis yang satu ini mungkin udah enggak asing lagi di Indonesia. Banyak bisnis waralaba yang menjual doner kebab. Secara harfiah, doner artinya ‘memutar’. Daging dimasak di atas rotisserie atau alat panggang, dengan posisi vertikal. Selama proses pemanggangan di atas arang, rotisserie diputar agar bagian luar daging renyah, sementara bagian dalamnya lembut dan juicy.

Sebelum disajikan, daging diiris tipis seperti potongan daun. Doner Kebab merupakan cikal bakal kebab jenis lainnya. Kuliner ini mulai dikonsumsi pada abad ke-17 di era Kekhalifahan Turki Utsmani atau Ottoman.

Iskender Kebab

iskender kebab
Iskender Kebab, disajikan dengan saus tomat dan mentega panas (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Iskender kebab sangat populer terutama di Istanbul dan Bursa, dua wilayah yang pernah jadi ibu kota Kekhalifahan Turki Utsmani atau Ottoman. Hidangan ini terdiri dari irisan Doner Kebab, yang disajikan dengan potongan kecil roti pide atau pita, tomat dan paprika panggang, krim yogurt dan saus tomat berbumbu. Sebelum disantap, kebab disiram mentega cair yang masih mendidih.

Iskender Kebab berasal dari kota Bursa. Nama Iskender, konon diambil dari nama sang koki yang pertama kali memanggang doner kebab secara vertikal, pada abad ke-19.

Sis Kebab

sis kebab
Sis Kebab pakai tusuk sate stainless steel (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Jenis kebab ini mirip sate di Indonesia. Terbuat dari potongan daging domba atau sapi yang dibumbui minimalis. Kemudian dimasak dengan ‘Sis’, yaitu tusuk sate yang terbuat dari bahan metal atau stainless steel. Terkadang, sejumlah sayuran dimasak bersamaan dengan daging. Seperti terong, tomat, paprika, bawang bombay dan jamur.

Cop Sis Kebab

cop sis kebab
Cop Sis, terbuat dari daging berukuran kecil yang berlemak (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Jenis bumbu dan sayuran yang digunakan mirip dengan Sis Kebab. Dalam bahasa Turki, Cop artinya ‘sampah’. Dinamakan begitu karena daging yang digunakan ukurannya lebih kecil dan berlemak. Daging ditumbuk dengan tomat dan bawang putih, lalu direndam dalam bumbu. Karena potongan dagingnya kecil, Cop Sis Kebab lebih renyah dari jenis kebab lain.

Urfa Kebab

urfa kebab
Urfa kebab pedas dan kaya rempah (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Buat penikmat kuliner pedas, Urfa Kebab bisa jadi pilihan. Kuliner ini berasal dari daerah Sanliurfa, kota di tenggara Turki. Urfa Kebab terbuat dari daging domba cincang atau giling, cabai merah dan cabai hijau kering, bawang putih, cabai merah segar, tomat, peterseli dan sejumlah rempah-rempah. Semua bahan diaduk lalu dicetak pada tusuk sate.

Urfa Kebab disajikan dengan bulgur atau nasi khas Turki, potongan kecil roti pide atau roti pita dan disiram kuah.

Adana Kebab

adana kebab
Adana kebab cocok untuk pecinta pedas (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Ini merupakan versi Urfa Kebab yang lebih pedas. Bedanya, bumbu yang digunakan pada Adana Kebab lebih kaya. Ada tambahan paprika merah, oregano dan jintan hitam. Tetesan lemak membantu mengikat daging, sehingga tidak melekat pada tusuk sate. Kebab ini berasal dari kota Adana, di selatan Turki.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana

Elisa Oktaviana

Community Writer
JOIN US
JOIN US