The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dipromosikan Mesut Ozil, Kuliner Nasi Rendang Langsung Jadi Trending, Ini Istimewanya
Mesut Ozil puji masakan rendang saat datang ke Indonesia. (Foto/Twitter/Instagram/Mesut Ozil)
Food

Dipromosikan Mesut Ozil, Kuliner Nasi Rendang Langsung Jadi Trending, Ini Istimewanya

Rabu, 25 Mei 2022 14:05 WIB 25 Mei 2022, 14:05 WIB

INDOZONE.ID - Nasi rendang langsung jadi trending setelah pesepakbola Mesut Ozil mengunggah kuliner khas Indonesia itu dalam akun Instagramnya.

Saat ini rendang tidak hanya dikenal di tanah air saja, tapi sudah merambah ke mancanegara.

Termasuk Mesut Ozil. Pesepakbola yang merumput di Fenerbahce di Liga Turki itu pun langsung memposting panganan nasi rendang di akun Instagramnya.

"Rendang, delicous Indonesian food (kuliner lezat dari Indonesia)," tulisnya dalam Instastory Mezot Ozil seperti yang dilihat Indozone, Rabu (25/5/2022).

Lalu apa keistimewaan rendang?

Pada tahun 2013, Rendang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak benda Indonesia oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rendang juga menempati posisi ke-11 sebagai makanan terenak di dunia pada 2011 dan 2021 versi CNN.

Bahkan rendang saat ini tengah diusulkan untuk menjadi Warisan Budaya Tak Benda ke UNESCO sebagai sebagai warisan budaya dunia dari Sumatera Barat.

Kuliner yang terkenal lezat ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama dengan menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. 

Aslinya berasal dari Minangkabau.

Berkembangnya rumah makan minang di tanah air hingga ke belahan dunia, membuat rendang begitu diminati oleh siapapun.

Rendang merupakan masakan yang kaya rempah dengan daging sebagai bahan dasarnya.

Proses memasak rendang pun terbilang memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak.

Rendang bisa bertahan sampai berminggu-minggu karena sudah dimasak dengan apik.

Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna cokelat terang keemasan.

Berkat rasanya yang lezat, rendang kini bisa dijumpai di seluruh dunia. Di tanah air rendang begitu populer.

Bahkan di negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina dan Thailand, rendang begitu disukai.

Di daerah asalnya, Minangkabau, rendang disajikan di berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa.

Sementara itu seperti yang dilansir Antara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengharapkan kehadiran Mesut Ozil ke Indonesia dapat mengundang wisatawan dari Timur Tengah (Timteng) maupun Eropa datang ke Tanah Air.

“Fanbase (penggemar) Mesut Ozil banyak dari Timur Tengah dan Eropa. Ini merupakan peluang kita untuk mengembangkan kerja sama,” ucap Menparekraf Sandiaga Uno dalam jumpa pers mingguan yang dipantau secara virtual, di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut Sandiaga Uno mensyukuri kehadiran atlet sepak bola tersebut dalam rangka kerja sama dengan Concave Indonesia, sebuah merek sepatu sepak bola.

“Ini adalah salah satu produk ekonomi kreatif yang kita unggulkan,” kata Sandiaga Uno.

Pada Rabu (25/7) Ozil direncanakan akan hadir ke kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan mengikuti sebuah pertemuan untuk mempromosikan produk wisata khususnya wisata berbasis olahraga.

Hal ini mengingat pesepakbola asal Turki itu terkenal sebagai seorang atlet yang juga menjadi ikon dari sejumlah produk dunia.

Seperti diketahui, Ozil mengabarkan bahwa dirinya akan mendatangi Indonesia melalui akun Instagram resminya @m10_official pada Kamis (19/5).

Dalam platform yang sama, Jumat (20/5), Sandiaga uno mengumumkan bahwa Ozil akan berkunjung ke kantor Kemenparekraf.

“Ozil akan hadir untuk mempromosikan brand Concave yang telah membuka begitu banyak lapangan kerja untuk anak muda Indonesia. Yuk, bersama kita dorong kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di sektor parekraf (pariwisata dan ekonomi kreatif),” ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US