The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

6 Makanan Penyebab Jerawat, Harus Dihindari Bagi Kulit Sensitif
Ilustrasi Jerawat (photo/Pixabay/Kjerstin_Michaela)
Food

6 Makanan Penyebab Jerawat, Harus Dihindari Bagi Kulit Sensitif

Selasa, 30 Juni 2020 15:56 WIB 30 Juni 2020, 15:56 WIB

Sebuah studi di JAMA Dermatology yang diterbitkan pada Juni 2020 menunjukkan bahwa ada beberapa makanan yang memiliki kemungkinan lebih tinggi menyebabkan jerawat pada orang dewasa, jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dilansir dari news18.com, tumbuhnya jerawat pada orang dewasa dapat menyebabkan menurunnya tingkat kepercayaan diri seseorang. 

Ahli dermatologis menemukan fakta bahwa ada hubungan antara jerawat dengan ketidakseimbangan hormon dan penyakit tertentu, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Selain itu, orang yang memiliki riwayat penyakit kulit atau masalah dermatologis juga cenderung memiliki risiko peningkatan tumbuhnya jerawat.

Beberapa Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Dari studi di JAMA Dermatology, berikut ini adalah beberapa makanan yang harus kamu hindari jika kulit kamu rentan terhadap jerawat, sebagai berikut:

1. Susu
 

Susu
Seseorang menuang susu ke dalam gelas (photo/Unsplash/Eiliv-Sonas Aceron)

Terlepas dari penelitian yang disebutkan di atas, penelitian dari American Academy of Dermatology juga menunjukkan bahwa baik susu skim dan susu sapi dapat menyebabkan jerawat pada orang dewasa.

Alergi protein susu sapi terkadang memengaruhi orang dewasa. Pada umumnya, susu dapat memengaruhi kadar insulin tubuh yang dapat meningkatkan keparahan jerawat.

2. Gula
 

Gula
Gula Putih di sebuah sendok (photo/Unsplash/Sharon McCutcheon)

Baik dalam minuman bersoda atau makanan penutup, konsumsi gula yang tinggi memiliki hubungan dengan tumbuhnya jerawat yang tidak bisa kamu abaikan.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of European Academy of Dermatology dan Venereology tahun 2012, mengindikasikan bahwa orang yang mengonsumsi gula berlebih memiliki risiko 30 persen lebih tinggi terhadap tumbuhnya jerawat.

3. Gorengan
 

Makanan yang digoreng
Ilustrasi Udang dan Kentang Goreng (photo/Unsplash/Tareq Ismail)

Semua orang pasti menyukai makanan yang digoreng, tetapi jika kamu cenderung berjerawat, memakan kentang goreng dan sejenisnya bisa menyebabkan jerawatmu makin parah.

Makanan yang digoreng memiliki indeks glikemik yang sangat tinggi dan sangat berlemak sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah.

Kelebihan mengonsumsi makanan yang digoreng dapat memengaruhi kesehatan kulit dan dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat, berapapun usia kamu.

4. Cokelat
 

Cokelat
Foto Cokelat (photo/Unsplash/amirali mirhashemian)

Selanjutnya, makanan penyebab jerawat yang harus dihindari adalah cokelat. Sejak tahun 1920-an, cokelat telah dikaitkan dengan masalah jerawat.

Alasan pasti terkait hal itu memang belum diketahui, namun sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cytokine tahun 2013 menunjukkan bahwa memakan cokelat dapat meningkatkan reaktivitas bakteri usus yang menyebabkan jerawat.

Namun, studi Dermatologi JAMA baru-baru ini menunjukkan bahwa cokelat hitam memiliki risiko jerawat yang sangat kecil dibandingkan dengan varietas cokelat lainnya.

5. Makanan berlemak
 

Daging yang sedang digoreng
Daging yang sedang digoreng (photo/Unsplash/Thomas Park)

Taukah kamu, makanan dengan kandungan lemak tinggi -baik digoreng ataupun tidak- ternyata bisa memicu masalah jerawat juga.

Hal ini terutama berlaku untuk makanan seperti mayones, bacon, dan makanan olahan lainnya yang menggunakan bahan pengawet dan kadar lemak yang tinggi.

6. Makanan pemicu alergi
 

Seafood
Ilustrasi Makanan Laut (photo/Unsplash/ANDI WHISKEY)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jerawat seringkali berasal dari makanan yang menimbulkan reaksi inflamasi pada kulit kamu.

Makanan yang dimaksud adalah makanan pemicu alergi seperti kerang, kacang tanah, rempah-rempah, cabai, susu, atau jenis makanan lain.

Inilah sebabnya mengapa kamu perlu mengunjungi dokter kulit jika kamu memiliki masalah dengan jerawat. 

Hal ini dilakukan untuk mengetes pemicu spesifik jerawat kamu atau makanan yang menyebabkan alergi, dan berhenti mengonsumsi makanan tersebut secara khusus.

Nah, itulah beberapa makanan penyebab jerawat yang harus dihindari bagi kamu yang memiliki masalah serius dengan jerawat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
jimmy
jimmy

Jimmy

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US