The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips Memilih Ikan Segar dan Berkualitas
Ilustrasi ikan segar. (Pixabay)
Food

Tips Memilih Ikan Segar dan Berkualitas

Rabu, 03 Juni 2020 15:50 WIB 03 Juni 2020, 15:50 WIB

INDOZONE.ID - Seperti diketahui bersama, ikan kaya akan kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Agar manfaat nutrisi pada ikan dapat dirasakan, pemilihan kualitas ikan pun harus benar-benar diperhatikan.

Tingkat kesegaran ikan dapat memengaruhi kandungan nutrisi di dalamnya. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar mengerti bagaimana cara memilih ikan berkualitas yang masih segar.

Berikut tips memilih ikan segar dan berkualitas.

Aromanya

Aroma ikan yang masih segar baunya akan terasa lebih khas. Kondisi ini berbanding terbalik dengan ikan yang sudah tidak segar lagi yang akan mengeluarkan bau amis yang terlalu menyengat ketika dicium.

Cek matanya

Saat memilih ikan, perhatikan bagian matanya. Mata ikan yang masih segar dapat ditandai dengan warna yang lebih terang dan jernih, serta masih terdapat warna hitam pada bagian tengahnya. Sementara ikan yang sudah tak segar cenderung memiliki mata yang mengerut dan berwarna keruh.

Perhatikan insangnya

Ikan yang masih segar memiliki insang yang masih berwarna merah yang tampak bersih. Sementara, ikan dengan insang yang sudah berubah warna menjadi kecokelatan atau keabuan, maka ikan tersebut sudah berkurang kualitasnya.

Tekstur daging

Ikan yang masih segar memiliki tekstur daging yang lembut dan kenyal. Untuk memastikan teksturnya, kamu bisa menekan dagingnya, jika bentuknya kembali seperti semula maka ikan tersebut masih segar.

Artikel Menarik Lainnya;

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Nanda
JOIN US
JOIN US