The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hari Sabtu, Warga Lebih Pilih Pesan Makanan dan Minuman Secara Online
Makanan khas Indonesia (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc).
Food

Hari Sabtu, Warga Lebih Pilih Pesan Makanan dan Minuman Secara Online

Tren gaya hidup sudah berubah.

Sabtu, 05 Oktober 2019 10:16 WIB 05 Oktober 2019, 10:16 WIB

INDOZONE.ID - Pesan antar makanan dan minuman saat ini menjadi kebutuhan masyarakat terutama di kota-kota besar. Salah satu, pesan makanan dan minuman yang naik daun adalag GoFood.

Perusahaan ini, telah merilis Tren Kuliner 2019, yang berdasar data internal GoFood hingga Agustus 2019. Data internal GoFood ini memperlihatkan pertumbuhan industri makanan atau minuman yang cenderun dipesanan konsumen.

Tren kuliner tersebut, diantaranya kumlah pemesanan meningkat sebesar 133 persen atau naik hingga lebih dari 2 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun 2018.

Bahkan, pertumbuhan pesat pemesanan jenis makanan atau minuman tertentu, eningkat hingga lebih dari 100 persen dari tahun 2018 ke 2019 dan rata-rata merchant dapat meningkatkan penjualan hingga lebih dari 60 persen.

Saat ini, dominasi transaksi dan pertumbuhan merchant GoFood ada di Pulau Jawa. 5 wilayah dengan jumlah transaksi terbanyak adalah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Makassar.

Data menunjukan, transaksi berdasarkan waktu atau jam pemesanan terbanyak terjadi pada waktu malam hari, disusul oleh waktu makan siang dan cemilan tengah malam hingga dini hari.

Konsumen paling banyak melakukan transaksi di hari Sabtu. Berbeda dengan tahun 2018, di mana transaksi tertinggi terjadi di hari Sabtu dan Minggu.

Dengan makanan, paling banyak dipesan konsumen tahun 2019, adalah makanan berbahan dasar ayam, seperti: Topokki Chicken, Black Pepper Chicken, Gochujang Chicken.

Lalu, varian burger dengan bumbu lokal: Burger Rendang dan Burger Sambel Ijo dan minuman yang paling banyak dipesan adalah minuman rasa kekinian seperti Brown Sugar Drinks, Oat Drinks, Regal Drinks, Bubble Tea/ Boba.

VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek Rosel Lavina menegaskan, teknologi GoFood sukses mempertemukan konsumen dengan ribuan restoran dan pengusaha kuliner UMKM. 

Bahkan, sudah berkembang lebih dari sekadar layanan pesan-antar makanan, tapi juga menjadi katalog kuliner terlengkap bagi konsumen dengan 400.000 merchant

"Konsumen kian loyal, terbukti dengan pertumbuhan pengunjung aplikasi GoFood yang meningkat hingga 2,63 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya,” ujarnya.

TAG
Indozone
Alwan Ridha R
alwan

Alwan

Writer
Alwan Ridha R

Alwan Ridha R

Reporter
JOIN US
JOIN US