The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Populer di Dunia, Rendang Paling Terkenal!
Ilustrasi rendang (unsplash.com/@bawahreserve)
Food

Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Populer di Dunia, Rendang Paling Terkenal!

Makanan Indonesia apa yang paling kamu suka?

Jumat, 10 Juni 2022 14:58 WIB 10 Juni 2022, 14:58 WIB

INDOZONE.ID - Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari beberapa provinsi. Dari setiap provinsi yang ada, tentu memiliki budaya yang berbeda-beda. 

Perbadaan budaya tersebut menjadikan negara Indonesia memiliki kuliner yang berbeda-beda. Beberapa hidangan kuliner tersebut bahkan menjadi populer di dunia karena keunikan rasanya. 

Berikut ini beberapa makanan khas Indonesia yang paling populer. Ada kesukaan kamu gak nih? 

1. Rendang 

makanan khas indonesia
Ilustrasi Rendang (cookpad.com/@desmawatikuretangin)

Makanan khas Padang ini memiliki rasa yang gurih dan sangat rempah. Rendang umumnya terbuat dari daging sapi dan dioalh dengan cara dimasak dalam waktu yang lama. 

Waktu masak yang lama tersebut dilakukan agar daging rendang memiliki tekstur yang empuk dan mudah hancur di mulut. Cara memasak rendang ini juga menjadikan salah satu makanan khas Indonesia ini menjadi bercita rasa kuat. 

Rendang menjadi salah satu makanan nomor satu di dunia karena memiliki rasa yang unik dan khas. 

2. Sate 

makanan khas indonesia
Ilustarasi sate (id.wikipedia.org)

Makanan khas Indonesia lainnya yang terkenal di dunia adalah sate. Pada dasarnya, sate ini memiliki rasa yang cukup beragam dan beda-beda di setiap kota di Indonesia. 

Sate di Indonesia juga dapat terbuat dari berbagai jenis daging, mulai dari daging sapi, ayam, kambing, kerbau, hingga hewan lainnya yang kurang lazim dijadikan sate, seperti kelinci dan kelelawar. 

3. Nasi Goreng 

makanan khas indonesia
Ilustrasi nasi goreng (freepik.com)

Nasi Goreng, bagi dunia, dinilai cukup unik. Pasalnya nasi goreng hanya dimasak dengan cara menggoreng nasi, namun memiliki rasa yang khas dan unik. 

Rasa yang khas tersebut didapatkan dari berbagai bumbu-bumbu rempah yang dipakai. Makanan khas Indonesia ini memiliki versi yang berbeda-beda di setiap daerah. 

Contohnya, nasi goreng kambing yang terkenal di Jakarta, nasi goreng merah yang terkenal di Makassar, atau nasi goreng kampung yang tidak berwarna kecoklatan selayaknya nasi goreng biasanya, tetapi tetap memiliki rasa yang khas. 

4. Bakso 

makanan khas indonesia
Ilustrasi bakso (freepik.com)

Pada kancah Internasional, makanan khas Indonesia ini juga dikenal juga dengan sebutan meatball. Ini karena bakso terbuat dari daging sapi, lalu dibentuk bulat menjadi bakso. 

Di Indonesia, bakso dapat diolah menjadi berbagai rasa. Caranya adalah dengan memakai bumbu yang berbeda-beda, dan campuran yang berbeda pula. 

5. Soto 

makanan khas indonesia
Ilustrasi soto (id.wikipedia.org)

Soto adalah makanan khas Indonesia yang dibuat dengan campuran sayuran, daging ayam, bihun, dan bumbu rempah lainnya. Sebagaimana seperti makanan lainnya sebelumnya, soto juga memiliki versinya tersendiri pada setiap daerah di Indonesia. Bahkan, makanan khas Indonesia ini, di beberapa kota memiliki nama lain seperti coto, sauto, hingga tutuo. 

6. Tempe

makanan khas indonesia
Ilustrasi tempe (id.wikipedia.org)

Tempe adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kedelai yang sudah difermentasi. Sejak dahulu kala, tempe menjadi makanan kegemaran banyak masyarakat Indonesia.

Maka itu, tak heran, jika banyak turis asing dikenalkan dengan tempe sebagai salah satu oleh-oleh khas Indonesia yang diburu wisatawan. Tempe dapat diolah menjadi keripik tempe, tempe kering, dan lain sebagainya.

7. Rawon 

makanan khas indonesia
Ilustrasi rawon (unileverfoodsolutions.co.id)

Daftar makanan khas Indonesia yang terakhir adalah rawon. Makanan ini berasal dari Surabaya dan berupa sup daging yang memiliki kuah berwarna.

Rasa Rawon itu sendiri sangat unik dan khas karena dibuat dengan tambahan kluwek, lalu disajikan dengan telur asin dan tauge rebus. Makanan khas Surabaya ini memiliki cita rasa yang kuat. 

Itulah beberapa makanan khas Indonesia yang populer di dunia dan memiliki cita rasa yang kuat, serta unik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
JOIN US
JOIN US