The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Inilah Fakta-fakta dan Manfaat Jamur Enoki yang #KAMUHARUSTAU
Jamur Enoki. (photo/Dok. Wikipedia)
Fakta Dan Mitos

Inilah Fakta-fakta dan Manfaat Jamur Enoki yang #KAMUHARUSTAU

Minggu, 31 Januari 2021 11:50 WIB 31 Januari 2021, 11:50 WIB

INDOZONE.ID - Jamur enoki merupakan salah satu jenis jamur yang tumbuh pada musim dingin. Dimana, lebih tepatnya jamur ini akan  tumbuh dekat dengan pohon berdaun jarum. Akan tetapi, banyak petani asal Jepang banyak yang membudidayakan jamur enoki dari pohon yang sudah gugur seperti plum, maple, serta pohon birch. 

Jamur enoki sendiri memiliki manfaat positif bagi tubuh. Lantas, apa sajakah manfaat positif dari jamur enoki tersebut?

1. Dapat mencegah kanker. 

Manfaat pertama dari jamur enoki adalah dapat mencegah terjadinya kanker. Dimana, jamur enoki sendiri mengandung kandungan vitamin serta nutrisi yang mampu mencegah tumbuhnya sel kanker. 

Bahkan, dalam penelitian yang dilakukan oleh Oncology Reports, dimana penelitian tersebut menunjukkan bahwa jamur enoki dapat mengurangi aktivitas pertumbuhan tumor dan sel kanker hati pada hewan dan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara pada wanita. 

2. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Manfaat kedua dari jamur enoki adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh. Dimana jamur enoki sendiri mengandung kandungan protein yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Hal tersebut dapat disimpulkan dikarenakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Frontiers in Pharmacology. Dimana, hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa kandungan protein dari jamur enoki sebanding dengan sayuran berdaun hijau yaitu sebanyak 1,7 gram. 

3. Membantu menjaga kesehatan dari jantung

Manfaat ketiga dari jamur enoki adalah dapat membantu menjaga kesehatan dari jantung. Dimana, jamur enoki merupakan jenis jamur yang mempunyai kandungan serat yang tinggi guna membantu proses metabolisme dalam tubuh serta mampu menyerap kadar kolesterol dalam jumlah yang banyak. 

Hal tersebut dapat dibuktikkan melalui uji coba penelitian menggunakan hamster. Dimana, dalam uji coba tersebut, hamster akan diberikan ekstrak jamur enoki. Dari hasil uji coba penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa hamster tersebut memiliki kadar kolesterol, trigliserida, serta kolesterol LDL dalam jumlah yang lebih rendah. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US