The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peneliti di Eropa Menemukan Peningkatan Risiko Pembekuan Darah di Pasien COVID-19!
Para peneliti melacak 2.292 pasien yang datang ke ruang gawat darurat rumah sakit dengan Covid-19 ringan atau sedang tetapi tanpa VTE. (photo/Dok. REUTERS via Asia One)
Fakta Dan Mitos

Peneliti di Eropa Menemukan Peningkatan Risiko Pembekuan Darah di Pasien COVID-19!

Rabu, 13 Oktober 2021 15:27 WIB 13 Oktober 2021, 15:27 WIB

INDOZONE.ID - Terdapat sebuah penelitian di Eropa dilaporkan menemukan peningkatan risiko pembekuan darah yang telah mengancam jiwa disebut sebagai tromboemboli vena atau dikenal VTE pada pasien COVID-19 yang tidak sakit kritis. 

Risiko pembekuan darah sebelumnya telah dikaitkan dengan virus COVID-19 yang parah. Peneliti dilaporkan telah melacak 2.292 pasien yang datang ke ruangan gawat darurat rumah sakit dengan COVID-19 ringan atau sedang, tetapi tidak terkena VTE. 

Empat minggu kemudian, VTE pun berkembang di sekitar 1 setiap 200 pasien sakit ringan yang belum dirawat di rumah sakit dan hampir 5 dari setiap 200 pasien sakit sedang secara keseluruhan. Hal ini diungkapkan peneliti pada 8 Oktober di Thrombosis Research.

Insiden atau kematian dari VTE sendiri mencapai 28,7% pada kelompok dosis tinggi, dibandingkan dengan 41,9% pada pasien yang mendapatkan dosis standar. Setelah memperhitungkan berbagai faktor risiko pasien, terdapat pengurangan 32% risiko dengan heparin dosis tinggi. Melihat hal itu, pemimpin studi Dr Alex Spyropoulos dari Feinstein Institutes for Medical Research di New York memberikan komentarnya. 

"Karena kami melihat pasien mengalami pembekuan darah dan sekarat di depan kami saat menggunakan heparin pencegahan dosis standar," ungkapnya. 

"Kami dapat membuktikan ... bahwa kadar d-dimer lebih dari empat kali batas atas normal mampu memprediksi kelompok pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit dengan risiko sangat tinggi - dan memberikan dosis terapi heparin pada pasien ini berhasil." jelasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US