The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pemandangan Indah dari Karya Seni teamLab: Resonansi Mikrokosmos dengan Warna dan Nada
Pemandangan indah karya seni teamLab di Paris. (Photo/teamLab)
Fakta Dan Mitos

Pemandangan Indah dari Karya Seni teamLab: Resonansi Mikrokosmos dengan Warna dan Nada

Sabtu, 18 Desember 2021 16:07 WIB 18 Desember 2021, 16:07 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah kelompok kolektif seni bernama teamLab berhasil menemukan keindahan konsep warna dari eksperimen yang dilakukan. Ovoid merupakan bujur telur yang dalam bahasa Inggris disebut Oval atau kurva tertutup.

Istilah ini tidak terlalu spesifik, kecuali dalam bidang, kata lonjong atau oval memberikan definisi yang lebih tepat, yang dapat mencakup satu atau dua sumbu simetri.

Ovoid Beresonansi

karya seni
(Photo/teamLab)

Di bawah matahari, ovoid yang diciptakan oleh teamLab mencerminkan dunia. Ketika ovoid itu didorong ke bawah oleh seseorang atau ditiup angin, ovoid tersebut jatuh kembali dan kemudian naik, melepaskan nada beresonansi.

Ovoid yang ada di sekitarnya juga merespon satu demi satu, terus beresonansi dengan nada yang sama. Begitu matahari terbenam, atau dalam gelap, ovoid itu bersinar dengan sendirinya.

Ketika sebuah ovoid didorong oleh seseorang atau ditiup angin, ia bersinar terang dan mengeluarkan nada suara, seperti yang terjadi pada dirinya sendiri. Ovoid di sekitarnya juga merespon satu demi satu, memancarkan warna cahaya dan nada suara yang sama yang terus bergema.

Ruang Karya

karya seni
(Photo/teamLab)

Tema yang diambil oleh teamLab, yakni "Resonating Microcosms of Life - Solidified Light Color". Ruang karya tersebut ditransformasikan secara interaktif di bawah pengaruh angin, hujan, dan perilaku orang-orang di dalam ruang.

Hal tersebut menjadikan lingkungan dan orang-orang sebagai bagian dari karya. Ketika angin tenang dan orang-orang diam, ovoid mulai berkedip perlahan.

Baca juga: Anies Mendadak Jadi Youtuber, Ketua DPRD DKI: Yang Penting Pakai Duit Sendiri

Pameran di Paris

karya seni
(Photo/teamLab)

Kolektif seni Internasional teamLab itu menggoda banyak pengunjung dengan pameran terbaru yang mereka adakan di Maison dan Objet 2022 di Paris.

Dengan instalasi imersif ini, teamLab terus mengeksplorasi hubungan antara diri dan persepsi baru melalui seni. Seperti yang terlihat dari video, mikrokosmos yang dibuat oleh teamLab memiliki warna terang yang dipadatkan.

Lima Konsep


Ruang gelap itu dipenuhi dengan ovoid berdiri bebas yang bersinar dalam 61 warna terang solid yang baru didefinisikan. Begitu seseorang, atau bahkan angin, menggerakkan ovoid, mereka akan mengeluarkan suara dan warnanya akan berubah sambil menghasilkan efek yang juga membuat ovoid lain berubah warna.

Dalam rilis resmi, teamLab menyatakan bahwa instalasi ovoid tersebut didasarkan pada lima konsep, yakni hubungan dengan orang-orang, hubungan dengan fenomena alam, fisik, kontinuitas, dan warna baru.

Biografi teamLab

karya seni indah
(Photo/teamLab)

teamLab merupakan kolektif seni internasional, kelompok interdisipliner dari berbagai spesialis seperti seniman, programmer, insinyur, animator CG, matematikawan dan arsitek yang praktik kolaboratifnya berupaya menavigasi pertemuan seni, sains, teknologi, dan alam dunia.

teamLab bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara diri dan dunia dan persepsi baru melalui seni. Untuk memahami dunia di sekitar mereka, orang-orang memisahkannya menjadi entitas independen dengan batasan yang dirasakan di antara mereka.

teamLab berusaha untuk melampaui batas-batas ini dalam persepsi kita tentang dunia, tentang hubungan antara diri dan dunia, dan tentang kesinambungan waktu. Segala sesuatu ada dalam kesinambungan hidup yang panjang, rapuh namun ajaib, tanpa batas.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
M. Rio Fani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US