The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Inilah 4 Mitos Telur yang Harus Kamu Ketahui, Apa Saja Ya?
Telur. (photo/Pexels/Pixabay)
Fakta Dan Mitos

Inilah 4 Mitos Telur yang Harus Kamu Ketahui, Apa Saja Ya?

Kamis, 14 Januari 2021 18:00 WIB 14 Januari 2021, 18:00 WIB

INDOZONE.ID - Telur merupakan sumber protein hewani penting yang relatif mudah didapat serta dijual dengan harga yang sangat murah. Kandungan protein, lemak, dan mineral yang terdapat dalam telur dapat mencukupi kebutuhan berbagai nutrisi penting. 

Namun, kandungan lemak dan kolesterolnya yang tinggi dapat membuat sebagian orang ragu untuk mengonsumsi telur karena khawatir akan menimbulkan resiko berbagai penyakit degeneratif. Dikarenakan hal tersebut, banyak orang mempercayai beberapa mitos mengenai telur. Berikut beberapa mitos yang dapat dijumpai dalam masyarakat mengenai telur: 

1. Telur dapat menggemukkan badan 

Ungkapan ini tidaklah benar. Dikarenakan kombinasi protein dan lemak dapat meningkatkan akan produksinya hormon kenyang pada tubuh. Selain itu, protein dalam telurjuga dapat menyebabkan tubuh melepaskan glukagon, dimana dapat merangsang tubuh untuk melepas serta akan menggunakan cadangan karbohidrat dan lemak pada tubuh. 

2. Telur meningkatkan kolesterol

Masalah ini sempat menimbulkan perdebatan pada masyarakat dikarenakan pada kandungan telur mengandung hingga maksimal sebesar 200 miligram kolesterol dalam satu kali penyajian. Hal tersebut tidaklah benar. Tetapi faktanya dengan mengonsumsi makanan berkolesterol tidak serta merta akan meningkatkan kadar kolesterol setinggi yang dibayangkan. 

3. Telur cuma boleh dimakan pada bagian putihnya saja

Hal tersebut tidaklah benar dan bersifat mitos. Disarankan untuk memakan bagian kuning dan putih telur. Pada bagian kuning telur mengandung kolin yang berfungsi untuk pembentukan membran sel. Selain kolin, terdapat juga beberapa zat yaitu vitamin A, vitamin D, dan E. Kuning telur juga kaya akan kandungan omega 3. 

4. Telur mentah lebih banyak nutrisi jika dikonsumsi

Salah satu ungkapan yang sering terdengar adalah mengonsumsi telur mentah diyakini memiliki banyak manfaat nutrisi jika dibandingkan dengan putih telur. Hal tersebut tidaklah benar, dikarenakan telur mentah mengandung avidin dimana zat ini dapat mencegah penyerapan nutrisi penting dalam tubuh.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US