The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bagaimana Legenda Putri Duyung Terbentuk dan Eksis Hingga Kini?
Ilustrasi putri duyung. (theworldofchinese.com)
Fakta Dan Mitos

Bagaimana Legenda Putri Duyung Terbentuk dan Eksis Hingga Kini?

Jumat, 28 Agustus 2020 14:00 WIB 28 Agustus 2020, 14:00 WIB

INDOZONE.ID - Putri duyung merupakan makhluk mitologis yang banyak muncul dalam cerita rakyat di seluruh dunia selama ribuan tahun. 

Bahkan budaya kuno memiliki versinya sendiri tentang makhluk mitos ini, salah satunya yang paling terkenal berasal dari Yunani Kuno yang mengatakan putri duyung adalah dewa laut Yunani, Triton. 

Sementara legenda populer mengklaim bahwa saudara perempuan Alexander Agung, Tesalonika, berubah menjadi putri duyung setelah kematiannya. 

Kisah putri duyung pun kian lama kian berkembang dengan berbagai versi. Namun bagaimana legenda putri duyung ini dimulai?

Salah satu alasannya adalah karena sebagian besar planet kita tertutup oleh air. Jadi cukup wajar orang-orang mulai membicarakan hal-hal yang tidak mereka ketahui.

Ketika para pelaut memulai penjelajahan di laut mereka memulai legenda dimana makhluk setengah manusia dan setengah ikan ditangkap dan dilihat di laut dalam. 

Peta kuno yang dipenuhi dengan makhluk aneh juga memuat putri duyung dan duyung.

Makhluk Laut yang Menginspirasi Kisah Putri Duyung

Makhluk laut dugong dan manate diperkirakan menjadi inspirasi cerita rakyat tersebut karena ukuran mereka yang hampir mirip seperti manusia. 

Keanggunan mereka di bawah air juga bisa diibaratkan seperti manusia menari di laut dan siripnya lebih mirip lengan manusia.

Sebagian besar penampakan putri duyung juga dapat dikaitkan dengan dugong karena mereka dapat melongokkan kepala keluar dari air dan menyerupai manusia terutama saat matahari terbenam. 

Penampakan dugong yang melompat ke air dan menghilang dengan menunjukkan ekor adalah sesuatu yang dilaporkan kebanyakan orang sebagai penampakan putri duyung.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Reka
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US