The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bak Jadi Kenyataan, Ramalan Joko Kendil soal Gunung Semeru Meletus Terbukti, Ini Katanya
Kolase foto Semeru erupsi dan Joko Kendil (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/Instagram/dha_nugraha)
Fakta Dan Mitos

Bak Jadi Kenyataan, Ramalan Joko Kendil soal Gunung Semeru Meletus Terbukti, Ini Katanya

Dikaitkan netizen.

Senin, 05 Desember 2022 17:30 WIB 05 Desember 2022, 17:30 WIB

INDOZONE.ID - Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, kembali erupsi pada Minggu (4/12/2022) diri hari. Gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia itu kembali memuntahkan  awan panas guguran (APG) setelah terkahir erupsi pada Desember 2021 lalu.

Letusan Semeru yang terjadi kemarin, sontak mengungatkan netizen akan ramalan Joko Kendil. Sosok yang disebut-sebut memiliki khodam harimau putih itu pernah memprediksi kalau Gunung Semeru akan kembali meletus karna belum memilki penangkal.

Dilihat dalam cuplikan video yang beredar, tampak Joko Kendil tengah meramalkan bencana alam yang menurutnya akan terjadi. Salah satunya Gunung Semeru yang disebutkan meletus lagi.

Baca juga: Tepat Setahun, Gunung Semeru Kembali Erupsi Status Siaga Naik Menjadi Awas!

"Gunung Semeru, iku akan meletus tahun 2028,” katanya dalam cuplikan video di akun TikTok @bnrgroup yang dilihat Indozone, Senin (5/12/2022).

Namun saat itu Joko Kendil menyebutkan bahwa Gunung Semeru nanti akan meletus di tahun 2028 dan saat ini ia mengaku belum menemukan penangkalnya.

ramalan Joko Kendil (Instagram/dha_nugraha)
Joko Kendil (Instagram/dha_nugraha)

Terdengar pula, seseorang yang berada disampaing Joko Kendil saat itu menanggapi pridiksi tersebut dengan harapan tidak kejadian. 

"Mudah mudahan jangan,” ucapnya.

Tetapi Joko Kendil bersikeras menfatakan kalau Gunung Semeru akan meletus.

“Tapi itu kenyataan ngih, Masalahnya saya belum ada penangkalnya" bebernya.

Semeru Erupsi

semeru meletus ( ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)
Lava pijar Gunung Semeru terlihat dari Desa Supiturang, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/12/2022). ( ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Seperti diketahui, Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, kembali mengalami erupsi, pada Minggu (4/12/2022). Erupsi serupa juga terjadi pada 4 Desember 2021 atau tepat setahun yang lalu.

Baca juga: Sama Seperti Prabowo, Joko Kendil Ramalkan Nasib Indonesia di Tahun 2030, Bakal Bubar?

Berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tertanggal 4 Desember 2022, Gunung Semeru sudah meletuskan dan mengeluarkan asap tebal.

Saat ini petugas BNPB telah melakukan tindakan evakuasi kepada warga di sekitar. Gunung Semeru pun telan naik status dari Siaga menjadi Awas pada 5 Desember 2022. 

 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Anisa Rizwani
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US