The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Benarkah Beruang Menyukai Madu dan Bagaimana Mereka Mendapatkannya?
Beruang dan madu yang menjadi favoritnya. (justbeedrinks.co.uk)
Fakta Dan Mitos

Benarkah Beruang Menyukai Madu dan Bagaimana Mereka Mendapatkannya?

Jumat, 14 Agustus 2020 11:00 WIB 14 Agustus 2020, 11:00 WIB

INDOZONE.ID - Tokoh animasi Winnie The Pooh terkenal dengan rasa sukanya pada madu. Namun apakah semua beruang menyukai madu atau memang menyukai suguhan yang manis? 

Makanan Beruang yang Beragam

Sebenarnya pola makan beruang beragam dengan beragam pilihan makanan tergantung pada area tempat tinggal beruang.

Beruang yang bersifat omnivora umumnya akan memakan rumput, beri, ikan, serangga, dan mamalia yang lebih kecil seperti rusa.

Sementara beruang berkacamata adalah herbivora sehingga cenderung mengonsumsi lebih banyak madu karena pilihan makanannya lebih terbatas daripada beruang yang menangkap mangsa.

Beruang makan madu beruang suka madu
Ilustrasi beruang. (Gellinger / Pixabay CC0)

Beruang membutuhkan protein dalam jumlah tinggi agar tetap sehat di alam liar sehingga pola makan mereka berubah sepanjang tahun agar sesuai dengan penawaran musiman.

Sedangkan makanan yang paling terbatas adalah beruang panda raksasa karena mereka hanya makan bambu. Mungkin sekitar 1 persen makanan mereka adalah tumbuhan lain atau daging. 

Bagaimana Cara Beruang Mendapatkan Madu?

Jangan mengkhayalkan beruang akan memakan madu layaknya Winnie The Pooh dengan toples madunya. 

Mungkin kalian penasaran apakah beruang tidak takur tersengat lebah jika mengambil madu langsung dari sarangnya seperti mencarinya di antara pepohonan atau mungkin membobol peternakan madu. 

Itu tidak akan terjadi karena faktanya, beruang akan memakan madu bersama seluruh sarang, lebah dan larvanya karena semua itu adalah sumber protein yang baik. 

Apakah Beruang Tidak Tersengat?

Saat menyantap madu beserta sarangnya tentu saja lebah akan berusaha menyengat beruang. Namun beruang punya bulu yang sangat tebal sehingga lebah tidak dapat menyengat sebagian besar tubuh mereka. 

Para peneliti mengklaim bahwa sebagian besar jenis beruang akan mencari sarang lebah untuk memangsa madu, lebah dan larvanya, tetapi diantara semua beruang, beruang hitam dan beruang coklat dikatakan yang paling menyukainya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Reka
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US