The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pernah Jadi Konspirasi Bumi Tidak Bulat, Berikut 5 Fakta Menarik Seputar Bumi
Ilustrasi Bumi. (Unsplash)
Fakta Dan Mitos

Pernah Jadi Konspirasi Bumi Tidak Bulat, Berikut 5 Fakta Menarik Seputar Bumi

Minggu, 16 Januari 2022 16:50 WIB 16 Januari 2022, 16:50 WIB

INDOZONE.ID - Bumi menjadi satu-satunya planet yang memiliki kehidupan di dalamnya. Hal ini lantaran unsur-unsur kehidupan yang terdapat di planet ini mendukung untuk adanya kehidupan dibanding dengan planet lainnya.

Jika dilihat dari susunan untuk tata surya, Bumi memiki bentuk yang bulat dengan warna biru yang menunjukkan lautan serta putih dari stuktur awan yang tersusun. Namun, beberapa waktu yang lalu sempat heboh konspirasi yang menyebut bahwa bumi tidaklah bulat melainkan datar.

Baca Juga: Hari Ini dalam Sejarah 13 Januari: Astronom Galileo Galilei Temukan Callisto di Jupiter

Untuk mengetahui Bumi bulat atau datar, berikut INDOZONE rangkum 5 fakta seputar Bumi yang dikutip dari Livescience.

1. Bumi tidak benar-benar bulat

Anggapan mengenai Bumi tidak bulat sebenarnya tidak sepenuhnya salah. Namun, jika konspirasi mengatakan Bumi berbentuk datar menjadi hal yang amat sangat salah.

Bentuk Bumi sebenarnya adalah bola pipih atau bisa disebut dengan bulat pepat. Bumi seperti bola yang bagian tengahnya lebih menonjol yang merupakan garis khatulistiwa. Bagian khatulistiwa yang menonjol ini disebabkan karena gerakan rotasi planet Bumi.

2. Bumi tersusun atas besi, oksigen dan silikon

Bumi pada kenyataannya terdiri dari berbagai macam tumpukan material. Material penyusun Bumi adalah 32 persen besi, 20 persen oksigen, 15 perseb dan 14 persen magnesium. Atas hal ini lah menyebabkan Bumi bisa menjadi tempat tinggal bagi manusia.

3. Atmosfer Bumi membentang di jarak 10.000 kilometer

Atmosfer Bumi mempunyai beberapa lapisan atmosfer. Atmosfer pertama memiliki ketebalan 50 kilometer dan jika digabungkan atas keseluruhannya memiliki ketebalan sekitar 10.000 kilometer.

Lapisan Bumi sendiri terdiri beberapa lapis, yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Semakin tinggi mendekati atmosfer, maka kita semakin tidak terkena tekanan udara. Lapisan eksosfer pada atmosfer ini menyatu dengan ruang angkasa. Eksosfer pun tersusun atas hidrogen, helium, dan zat lain dengan kepadatan yang rendah.

4. Bumi tidak berotasi selama 24 jam

Banyak yang mengatakan jika rotasi bumi merupakan gambaran satu hari yakni 24 jam. Padahal, saat diteliti oleh astronot Bumi hanya membutuhkan waktu 23 jam, 56 menit dan 4 detik. Hal ini berarti kurang dari 4 menit menuju ke angka 24 jam.

Perhitungan 24 jam dikarenakan mempehatikan perputaran matahari dimana matahari juga melakukan rotasi. Rotasi matahari ini lah yang bakal menyebabkan kita mendapatkan total 24 jam.

5. Bumi punya 1 bulan dan 2 satelit Co-Orbital

Bumi memiliki satelit tetap dan alami yakni bulan yang kita lihat setiap malamnya. Lalu selain bulan, Bumi juga memiliki satelit Co-Orbital yakni dua asteroid yang terkunci di orbit Bumi.

Dua satelit Co-Orbital milik Bumi ini bernama 3753 Cruithne dan 2002 AA29 yang merupakan asteroid besar atau disebut juga Near-Earth Objects (NEOs). Asteroid 3753 Cruithne ini berukuran 5 kilometer dan biasa disebut bulan kedua Bumi.

TAG
Abul Muamar
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US