The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

NASA Baru-baru Ini Menguji Prototipe Drone Otonom!
Pengujian drone otonom oleh NASA. (photo/Dok. Joby Aviation)
Fakta Dan Mitos

NASA Baru-baru Ini Menguji Prototipe Drone Otonom!

Selasa, 07 September 2021 14:21 WIB 07 September 2021, 14:21 WIB

INDOZONE.ID - NASA atau dikenal sebagai Administrasi Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat umumnya dianggap sebagai badan antariksa Amerika. Tetapi, mereka juga merupakan organisasi penelitian kedirgantaraan sipil Amerika. Mereka pun berpeeran dalam mengembangkan teknologi baru seperti mesin roket hingga dengan sistem kontrol pesawat. 

Kini, mereka telah mengembangkan kampanye Advanced Air Mobility (AAM) untuk mengujki teknologi drone otonom. Tonggak terbaru di kampanye ini adalah melakukan pengujian helikopter lepas landas dan mendarat vertikal listrik (eVTOL). Pengujian berlangsung hingga 10 September, dengan menggunakan pesawat eVTOL yang belum diberikan nama dari perusahaan Joby. 

Pesawat eVTOL sendiri terlihat seperti versi besar dari drone 6-rotor dan melakukan uji terbang di Joby's Electric Flight Base, Big Sur di California. Ini menjadi pengujian pertama kali dengan menggunakan jenis pesawat baru ini. NASA sendiri mempunyai rencana melakukan pengujian ketat, termasuk mengumpulkan data tentang pergerakan kendaraan, kebisingan, hingga komkunikasi dalam berbagai bentuk penerbangan. 

Untuk pengumpulan data-data itu, peneliti harus kembangkan jenis pusat akustik seluler yang bisa melacak pesawat dengan 50 mikrofon berbeda dan mengumpulkan data mengenai kebisingan yang akan dihasilkan. TIdak Kebisingan menjadi faktor penting dalam penerapan penerbangan VTOL otonom. Tidak ada yang senang jika drone itu hadir dengan kebisingan yang sama dengan suara mesin jet. Tetapi, penerimaan publik bukan satu-satunya faktor yang pengaruhi pengujian ini. 

Terdapat juga masalah regulasi. Meski tidak secara langsung miliki tanggung jawab untuk mengatur penerbangan otonom, NASA sendiri adalah mitra utama untuk Administrasi Penerbangan Federal atau FAA. Beberapa aktivitas teknologi telah mengatakan keprihatinan bahwa FAA tengah berusaha kerasa ketika berhadapan dengan industri yang berkembang pesat. 

Selanjutnya, juga terdapat serangkaian tes yang dikenal dengan NC-1 dan dijadwalkan untuk dilakukan pada 2022. Tes ini akan melacak pola dan skenario penerbangan yang lebih realistis dibandingkan yang dilakukan di Big Sur dalam percobaan pada beberapa minggu mendatang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US