The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Apokaliptik, Paham yang Dianut oleh Satu Keluarga Tewas Misterius di Kalideres
Ilustrasi ritual sekte apokaliptik. (Freepik)
Fakta Dan Mitos

Mengenal Apokaliptik, Paham yang Dianut oleh Satu Keluarga Tewas Misterius di Kalideres

Apakah itu?

Senin, 14 November 2022 20:19 WIB 14 November 2022, 20:19 WIB

INDOZONE.ID - Belakangan Tanah Air digegerkan dengan berita satu keluarga ditemukan tewas secara mengenaskan di dalam rumah di komplek Citra Garden Extension Blok AC5 Nomor 7, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (10/11/2022).

Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Adrianus Meliala menduga satu keluarga yang tewas di Kalideres, Jakarta Barat menganut paham apokaliptik. Hal itu dikuatkan dengan tewasnya satu keluarga tersebut.

Baca Juga: Heboh Sekte Apokaliptik, Ternyata Ada Film Tentang Sekte KIamat dengan Judul Serupa

"Saya menduga ada (paham apokaliptik)," kata Adrianus kepada Indozone, Senin (14/11/2022).

Apokaliptik merupakan keyakinan terhadap akhir dunia. Apokaliptik percaya akan datangnya penghakiman Allah, karena dunia ini sudah jahat dan akan digantikan oleh dunia baru.

Dalam pemahaman ini dunia baru akan menganugerahi orang-orang baik dengan kebakaan sementara yang jahat akan dihukum. Mereka memandang jika Kerajaan Allah merupakan sebuah kenyataan pada akhir zaman. 

Setelah zaman yang jahat ini hilang lenyap dibinasakan oleh Allah, maka Kerajaan Allah akan menjadi kenyataan di bumi baru dan langit baru yang dijadikan Allah.

Baca Juga: Kematian Keluarga di Kalideres Mirip Film House of Secrets: The Burari Deaths, Ritual?

Adrianus sendiri memaparkan jika kasus serupa pernah terjadi di negara Guyana dengan ditemukannya kematian massal disertai dengan sesajian di pinggir laut. 

Para korban yang meninggal massal ini tewas akibat tersapu ombak karena kematian adalah tujuan akhir maka mereka tidak takut. 

"Jadi mungkin mirip dengan kelompok yang mati masal di Guyana atau yang melakukan sesajian massal di pinggir laut dan malah disapu ombak semua karena kematian adalah tujuan akhir maka mereka tidak takut," kata Adrianus.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US